Selasa 18 Apr 2023 09:28 WIB

6 Fakta Angka Menarik Chelsea Vs Real Madrid: Pengalaman Los Blancos dan Ancaman The Blues

Chelsea 5 kali lolos dari 7 kali kalah pada leg pertama babak gugur Liga Champions.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Duel Real Madrid vs Chelsea pada leg pertama perempat final Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Duel Real Madrid vs Chelsea pada leg pertama perempat final Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Real Madrid akan menyambangi markas Chelsea pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (19/4/2023) dini hari WIB. Kemenangan 2-0 pada leg pertama menjadi modal berharga tim besutan Carlo Ancelotti itu dalam lawatan ke Stadion Stamford Bridge tersebut.

Keunggulan ini membuat Los Blancos difavoritkan untuk bisa melaju ke babak semifinal Liga Champions. Belum lagi dengan status juara bertahan yang digenggam oleh klub asal Ibu kota Spanyol tersebut. Masih ada faktor lainnya, yakni catatan statistik dalam dua musim terakhir Liga Champions, Real Madrid menjadi satu-satunya tim yang bisa mencuri kemenangan di Stamford Bridge.

Baca Juga

Namun, Chelsea bukan tanpa rekam jejak untuk bisa membalikan keadaan. Dalam tujuh kesempatan mengalami kekalahan di laga tandang di fase gugur Liga Champions, Chelsea mampu melangkah ke babak selanjutnya dalam lima kesempatan. Bahkan, di dua kesempatan terakhir, Chelsea sempat tertinggal agregat 2-0.

Pada musim 2011/2012, Chelsea kalah 1-3, dari Napoli di laga kandang pada leg pertama. Namun, The Blues berhasil melangkah ke babak selanjutnya usai membungkam I Partenopei 4-1 pada leg kedua di Stadion Stamford Bridge. 

Kondisi serupa terjadi pada musim 2013/2014. Kala itu, The Blues sukses menyingkirkan Paris Saint Germain (PSG) di babak perempat final, meski menyerah, 1-3, di leg pertama yang digelar di markas PSG. Chelsea membungkam PSG 2-0 di Stadion Stamford Bridge dan berhak melaju ke babak selanjutnya lantaran agresivitas gol tandang.

Berikut fakta angka menarik menjelang laga Chelsea vs Real Madrid, dikutip dari berbagai sumber:

The Blues menelan dua kekalahan dari tiga kesempatan terakhir berduel dengan Real Madrid di Liga Champions. Sebelumnya, Chelsea tidak pernah kalah dalam lima pertemuan dengan Los Blancos.

Satu-satunya kekalahan yang dialami Chelsea di Stadion Stamford Bridge dalam dua musim terakhir Liga Champions adalah saat menjamu Real Madrid di babak perempat final pada musim lalu

Tidak ada satu pun tim yang pernah mencatatkan dua kemenangan beruntun saat bertandang ke maarkas Chelsea

Dari tujuh kali kalah pada leg pertama babak gugur Liga Champions, Chelsea berhasil melaju ke babak selanjutnya dalam lima kesempatan. Dua kesempatan terakhir itu ditorehkan The Blues pada musim 2011/2012 dan musim 2013/2014.

18 

Real Madrid sukses melangkah ke babak selanjutnya dalam 18 kali dari 19 kesempatan mencatatkan keunggulan dengan selisih dua gol atau lebih di leg pertama babak gugur Liga Champions.

Los Blancos mencatatkan kemenangan di lima laga terakhir di babak gugur Liga Champion. Ini menjadi rentetan kemenangan terpanjang Los Blancos di fase gugur Liga Champions. Bahkan, lima kemenangan itu didapatkan Los Blancos dari klub asal Inggris.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement