Rabu 19 Apr 2023 04:08 WIB

Milan Lolos ke Semifinal Liga Champions, Tahan Imbang Napoli di Diego Armando Maradona

AC Milan imbang 1-1 dengan Napoli untuk lolos dengan agregat 2-1

Penyerang AC Milan Olivier Giroud (kedua kiri) saat menghadapi Napoli di Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/CIRO FUSCO
Penyerang AC Milan Olivier Giroud (kedua kiri) saat menghadapi Napoli di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI -- AC Milan akan berlaga di semifinal Liga Champions musim ini setelah menyisihkan Napoli di perempat final. Milan bermain imbang melawan Napoli 1-1 pada leg kedua perempat final di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Rabu (19/4/2023) dini hari WIB. Namun kemenangan 1-0 pada leg pertama memastikan Milan lolos agregat 2-1.

Tertinggal agregat 0-1, Napoli mengincar gol pembuka sejak awal pertandingan. Tim tamu dipaksa untuk bertahan lebih dalam.

Baca Juga

Namun justru Milan mendapatkan hadiah penalti di menit ke-22 ketika Mario Rui melanggar Rafael Leao. Namun penjaga gawang Napoli Alex Meret melakukan penyelamatan untuk menghentikan tendangan mendatar Giroud.

Permainan pressing tinggi Napoli harus dibayar mahal. Milan mampu mengeksploitasi celah di lini pertahanan tuan rumah dan unggul melalui Giroud dua menit sebelum waktu normabl babak pertama.

Rafael Leao berlari dengan bola dari setengah lapangannya sendiri melewati lini pertahanan Napoli sebelum memberikan umpan kepada Giroud yang mencetak gol dari jarak dekat.

Napoli bermain semakin agresif pada babak kedua. Milan hanya bisa sesekali melancarkan serangan balik. Walaupun terus menekan, Napoli tak bisa memecah solidnya pertahanan Milan.

Napoli punya peluang comeback saat Fikayo Tomori handball di kotak terlarang. Napoli mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-82, tapi sepakan Khvicha Kvaratskhelia berhasil dibaca oleh kiper Milan Mike Maignan.

Osimhen tak berkutik sepanjang pertandingan hingga pada menit ketiga injury time ia akhirnya berhasil menjebol gawang Milan. Sundulannya memanfaatkan umpan Giacomo Raspadori tak bisa dihentikan Maignan.

Skor 1-1 membuat penggawa Napoli berjuang habis-habisan. Namun waktu semenit yang tersisa tidak memihak mereka. Operan ke kotak penalti yang dilepaskan terlalu deras membuat Milan mendapatkan tendangan gawang. Mike Maignan mengulur waktu dan wasit Szymon Marciniak dari Polandia pun meniup peluit tanda laga berakhir. Bunyi peluit disambut suka cita para pemain Milan merayakan kembalinya mereka ke semifinal Liga Champions.

Milan sekaligus menegaskan dominasinya di kandang Napoli tak terkalahkan dalam empat laga. Dari tiga lawatan sebelumnya di semua ajang, Milan selalu menang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement