Jumat 21 Apr 2023 06:26 WIB

Erik Ten Hag Kecam Sikap Pemain MU yang Dinilai Tak Punya Semangat

Dua kesalahan pemain MU berujung gol dari Sevilla.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Manchester United Erik ten Hag
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Pelatih Manchester United Erik ten Hag

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erik ten Hag mengecam sikap para pemain Manchester United (MU) setelah mereka dikalahkan Sevilla 0-3 pada leg kedua perempat final Liga Europa di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Jumat (21/4/2023) dini hari WIB. Hasil ini membuat MU tersingkir dengan agregat 2-5.

Kesalahan kembali terjadi layaknya pertemuan pertama. Sepekan lalu, MU yang sempat unggul 2-0 mengakhiri laga dengan hasil imbang 2-2 karena gol bunuh diri. Di kandang Sevilla, dua blunder Hary Maguire dan David de Gea mewarnai kekalahan menyesakkan 0-3.

Baca Juga

"Sudah jelas, ketika kami melakukan kesalahan seperti itu, sangat sulit untuk memenangkan pertandingan sepak bola," ujar Ten Hag kepada BT Sport, menyoroti kesalahan dua pemainnya.

Ten Hag menilai atmosfer Stadion Ramon Sanchez Pizjuan mungkin berpengaruh, tetapi seharusnya bisa diatasi. Para penggemar MU, kata Ten Hag, juga berekspektasi serupa. Ini membuat Ten Hag tak mau merujuk pada atmosfer markas Sevilla sebagai penyebab.

"Kami tidak tenang. Ketika Anda berhasil mengalahkan lawan, ada banyak ruang kosong di atas lapangan, tapi kami tidak melakukannya di awal laga. Sangat jelas bagaimana cara melakukannya," kata dia.

"Keputusan-keputusan yang buruk. Dan juga kami kalah dalam pertempuran. Mereka memiliki lebih banyak gairah, lebih banyak keinginan, lebih banyak kemauan. Sebagai contoh gol kedua. Maka sulit untuk memenangkan pertandingan sepak bola besar," tegasnya.

Ia mengatakan, MU telah menunjukkan penampilan yang bagus dan kemenangan dalam banyak kesempatan. Namun kali ini, MU disebutnya tidak siap. 

"Itu tidak boleh terjadi. Ketika Anda berada di level ini dan bermain untuk Man Utd, Anda harus siap untuk setiap pertandingan. Ini kesempatan besar, perempat final di Eropa untuk memenangkan sesuatu dan kemudian Anda melepaskannya. Kami harus menyalahkan diri kami sendiri," ungkap Ten Hag.

Ini kedua kalinya musim ini MU melakukan dua kesalahan yang berujung pada gol lawan di pertandingan yang sama. Kejadian lainnya berlangsung saat kalah 0-4 dari Brentford pada awal musim.

Ten Hag mengakui ada masalah di dalam timnya dengan kesalahan individu. Menurut dia, MU tidak bisa lari dari itu. Namun di semifinal Piala FA melawan Brighton, katadia, MU memiliki kesempatan lain untuk memperbaiki kesalahan. 

"Kami harus melangkah maju dan menunjukkan lebih banyak karakter, kepribadian. Ini bukan tentang [pemain yang absen]. Ini tentang para pemain yang ada di lapangan. Mereka harus tampil. Saya percaya pada mereka, mempercayai mereka dan mereka harus menunjukkannya. Hari ini kami tidak cukup baik," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement