Sabtu 29 Apr 2023 20:46 WIB

Zainudin Amali Tegang Saksikan Kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina

Timnas Indonesia sempat kesulitan menjebol gawang Filipina.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH--Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali dan beberapa pengurus Exco menyaksikan langsung pertandingan antara timnas Indonesia melawan Filipina pada laga pembuka grup A SEA Games Kamboja 2023, di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Sabtu (29/4/2023). Dalam laga tersebut, Indonesia menang 3-0.

Zainudin mengaku merasa tegang selama menyaksikan pertandingan. Pasalnya, laga tersebut adalah pembuka sehingga permainan tim belum sepenuhnya lepas. Mereka perlu beradaptasi dalam menemukan ritme permainan.

Baca Juga

“Syukurlah setelah gol pertama Marselino, permainan anak-anak mulai berubah dan hasilnya dua gol tambahan untuk timnas Indonesia,” ujar Zainudin dalam keterangan persnya.

Mantan Menpora itu mengungkapkan sebelum pertandingan telah memberikan pesan kepada pemain pada sesi briefing di hotel bahwa betapa pentingnya meraih poin pada laga pembuka. Menurut Zainudin hasil di laga perdana akan menentukan pada pertandingan berikutnya.

“Makanya pertandingan lawan Filipina ini  harus dianggap sebagai pertandingan final. Semoga untuk pertandingan berikutnya akan semakin baik. Mohon doa & dukungan dari seluruh rakyat Indonesia,” kata Zainudin.

Tempo permainan berlangsung cepat sejak menit pertama. Garuda Muda mengendalikan permainan yang mengandalkan Marselino dan Witan Sulaiman sebagai motor serangan. Namun pressing ketat Filipinan membuat Indonesia hanya mencetak satu gol di babak pertama lewat Marselino Ferdinan.

Indonesia masih kesulitan di babak kedua untuk menambah gol. Kebuntuan itu baru pecah pada menit-menit akhir babak kedua. Melalui dua pemain pengganti yakni Irfan Jauhari dan Muhammad Fajar, Indonesia menambah dua gol sekaligus menutup kemenangan menjadi 3-0. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement