Ahad 30 Apr 2023 09:58 WIB

Berkah Menang Telak Atas Betis, Barcelona Perkenalkan Wonderkid Calon Penerus Messi

Yamal menjalani debut bersama Barca di La Liga pada usia 15 tahun, 9 bulan, 16 hari.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Wonderkid Barcelona, Lamine Yamal.
Foto: barcelona fc.
Wonderkid Barcelona, Lamine Yamal.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona baru saja meraih hasil positif pada journada ke-32 La Liga Spanyol musim 2022/2023. Barca menang 4-0 atas Real Betis di Stadion Camp Nou, Ahad (30/4/2023) dini hari WIB.

Hasil demikian membuat Blaugrana nyaman di singgasana klasemen sementara. Dengan mengantongi 79 poin, klub raksasa Katalan unggul 11 poin atas Real Madrid di urutan kedua. Peluang skuad polesan Xavi Hernandez untuk finis di posisi teratas semakin besar.

Baca Juga

Rupanya masih ada sisi positif lainnya bagi tuan rumah, setelah pertandingan ini. Xavi memperkenalkan wonderkid Barca. Seseorang yang berpotensi menjadi penerus Lionel Messi, Ansu Fati, dan lain-lain.

Dia adalah Lamine Yamal. Produk akademi La Masia itu masuk di menit ke-83, menggantikan Gavi. Yamal menjalani debut bersama Barcelona di La Liga, pada usia 15 tahun, sembilan bulan, 16 hari.

Yamal pemain termuda yang pernah memperkuat tim utama Barca. Ia satu dari lima nama yang bisa bermain di kasta teratas Liga Spanyol sebelum berusia 16 tahun.

"Saya mengatakan kepadanya untuk mencoba berbagai hal dan dia melakukannya. Dia spesial dan dia bahkan bisa mencetak gol, tapi (kiper Betis, Rui Silva), melakukan penyelamatan," kata Xavi, dikutip dari ESPN.

Sang entrendor menilai pemain muda tersebut menunjukkan kepercayaan diri. Tak ada rasa canggung. Beberapa kali, Yamal melakukan operan bagus di sepertiga pertahanan lawan.

Yamal mulai dibandingan dengan Messi dan Fati. Dua nama terakhir juga dielu-elukan saat pertama kali dimunculkan. Menurut Xavi, semua pemain itu memiliki kemiripan.

Ketiganya mempunyai bakat yang sulit ditemukan saat memasuki sepertiga akhir. Namun pelatih Barca itu mencoba fokus pada Yamal. Xavi berpendapat, anak asuhnya itu tidak terlihat seperti pemuda 15 tahun.

"Dia sangat dewasa. Dia siap (untuk bermain) dan dia berlatih dengan baik. Dia bisa menandai era baru di klub ini, sebagai bagian dari tim ini," ujar mantan juru taktik Al Sadd itu.

Lamine Yamal mendapat sambutan meriah dari 80 ribu pendukung Barcelona. Pemain sayap Barca, Raphinha, memprediksi tidak lama lagi sang wonderkid akan segera mencetak gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement