Senin 01 May 2023 08:13 WIB

Masih Lapar, Setelah Cetak 50 Gol, Haaland Kejar Rekor Dixie Dean

Haaland juga berpotensi memecahkan rekor gol Liga Inggris milik Shearer dan Cole.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Striker Manchester City, Erling Haaland.
Foto: Richard Sellers/PA via AP
Striker Manchester City, Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Striker Manchester City Erling Haaland kian menegaskan statusnya sebagai monster ketika ia mencetak gol ke-50 di semua kompetisi untuk the Citizens saat mengalahkan Fulham 2-1 di pentas Liga Primer Inggris, Ahad (30/4/2023). Tendangan penalti Haaland membuatnya memecahkan rekor 49 gol dalam semusim milik Cliven Allen bersama Tottenham Hotspur pada 1986/1987.

Haaland kini menjadi pencetak gol terbanyak selama 92 tahun sejak Tom ‘Pongo’ Waring mencapai 50 gol untuk Aston Villa pada 1930/1931. Catatan Waring itu terjadi ketika Arsenal juara dan Manchester United bersama Leeds United terdegradasi.

Baca Juga

Pelatih Manchester City Pep Guardiola pun terkejut dengan rekor yang dicatatkan Haaland. Ia takjub karena sudah lama rekor 50 gol di semua kompetisi dalam satu musim tidak diraih oleh seorang striker Liga Inggris.

"Sebelum Winston Churchill menjadi perdana menteri? Wow. Kedengarannya sudah lama sekali. Selamat kepada Erling. Tujuan terbaik untuk membantu kami mencapai apa yang kami inginkan masih akan datang di sana,” kata Guardiola yang terkesan dengan statistik Haaland, dilansir dari BBC Sport, Senin (1/5/2023).

Kemenangan Man City tersebut membuatnya berpotensi meraih treable winners. The Citizens kini memimpin perburuan gelar Liga Inggris setelah menggusur Arsenal dari puncak klasemen. Selain itu, Haaland dkk akan bermain di partai final Piala FA melawan Man United. Man City juga masih akan bertarung di semifinal Liga Champions melawan Real Madrid.

Mantan bintang sepak bola Inggris, Alan Shearer, secara terbuka memuji Haaland. Ia terperangah melihat statistik Haaland sehingga menyebutnya sebagai pemain yang unik. Haaland dinilai sebagai striker fenomenal.

“Dia sangat bagus di udara, cepat, memiliki sentuhan yang fantastis. Dia bisa membawa orang ke dalam permainan dan yang lebih penting dia mencetak banyak gol. Segala sesuatu tentang dia adalah kualitas terbaik,” ujar Shearer.

Itu sebabnya, menurut Shearer, Man City sangat berjuang keras mendatangkan Haaland dari Borussia Dortmund. Haaland berpotensi memecahkan rekor gol Liga Inggris milik Shearer dan Andrew Cole. Shearer dan Cole mencetak 34 gol di Liga Inggris selama satu musim.

Shearer melakukannya pada musim 1994/1995 bersama Blackburn Rovers dan Cole pada 1993/1994 dengan Newcastle United.

Adapun rekor pencetak gol Inggris selama satu musim masih dipegang Dixie Dean dari Everton pada 1927/1928 dengan 63 gol. "Haaland punya kualitas ke sana," jelas Shearer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement