Selasa 02 May 2023 23:37 WIB

Kekuatan Mental Jadi Modal Utama City dalam Perebutan Juara Liga Primer Inggris

City unggul satu poin dan satu laga sisa lebih banyak dari Arsenal.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Para pemain Manchester City (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Para pemain Manchester City (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City tengah bersaing ketat dengan Arsenal dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini. Selain melakoni satu laga lebih sedikit dibanding The Gunners, City juga unggul satu poin atas Arsenal di puncak klasemen sementara.

Kemenangan 4-1 atas Arsenal tengah pekan lalu, menjadi momen penting buat The Citizens dalam mengambil alih kendali perebutan titel Liga Primer Inggris musim ini. Kemenangan itu membawa tim besutan Pep Guardiola itu memangkas jarak poin dengan The Gunners.

Baca Juga

City kemudian sukses merebut posisi teratas klasemen sementara usai membungkam Fulham 2-1, akhir pekan lalu. Dengan koleksi 76 poin dari 32 laga, The Citizens unggul satu poin dari The Gunners, yang terpaksa turun ke peringkat kedua usai memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris sejak Februari silam.

Kendati diunggulkan untuk bisa mempertahkana titel Liga Primer Inggris pada musim ini, City tetap dibayangi tantangan yang cukup besar. Pasalnya, The Citizens masih harus melakoni jadwal yang begitu padat pada penghujung musim ini. Tidak hanya di pentas Liga Primer Inggris, City juga masih harus melakoni partai final Piala FA dan babak semifinal Liga Champions.

Pelatih City Pep Guardiola mengakui adanya potensi kelelahan yang bakal dirasakan anak-anak asuhnya pada penghujung musim ini, terutama saat bersaing dengan Arsenal di perebutan titel Liga Primer Inggris. City setidaknya harus melakoni enam laga sisa Liga Primer Inggris dalam rentang waktu sebulan.

''Namun, kami sudah berada dalam situasi seperti ini sebelumnya, saat harus tampil di enam hingga tujuh laga dalam satu bulan. Akhirnya, kekuatan mental akan ada disitu. Ini adalah periode terbaik yang kami inginkan. Masih ada enam partai lagi yang harus kami lalui dan kami akan berusaha meraih hasil maksimal di semua laga itu. Kekuatan mental akan hadir di situ,'' ujar Guardiola seperti dikutip Sky Sports, Selasa (2/5/2023).

Berbeda dari Arsenal, yang kembali terlibat dalam persaingan secara langsung perebutan titel Liga Primer Inggris pada musim ini, City terbilang sudah cukup berpengalaman dalam melakukan sprint terakhir di perebutan gelar juara Liga Primer Inggris.

City sempat bersaing begitu sengit dengan Liverpool pada musim 2018/2019 dan 2019/2020. Pun saat The Citizens berhasil mengondol titel Liga Primer Inggris musim lalu dengan keunggulan satu poin atas The Reds pada musim lalu. Sukses merengkuh titel Liga Primer Inggris sebanyak empat kali dalam lima musim terakhir menjadi bukti dominasi The Citizens di kompetisi tersebut.

City akan memulai rangkaian enam laga sisa di Liga Primer Inggris musim ini saat menjamu West Ham United, Kamis (4/5/2023) dini hari WIB. Usai tampil di salah satu laga tunda tersebut, City dijadwalkan menghadapi Leeds United, Everton, Chelsea, Brighton and Hove Albion, dan Brentford.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement