Rabu 03 May 2023 16:12 WIB

Xavi Syukuri Posisi Barcelona yang di Ambang Gelar Juara La Liga

Barcelona unggul 14 poin dari Real Madrid di klasemen La Liga Spanyol.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez
Foto: AP Photo/Joan Mateu
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona di ambang gelar juara La Liga Spanyol 2022/2023 setelah mengalahkan Osasuna dengan skor tipis 1-0 pada jornada ke-33 di Estadio Camp Nou Spotify, Rabu (3/5/2023) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat sang pelatih Xavi Hernandez mengakui klub asuhannya itu semakin mendekati tujuanm yaitu gelar Liga Spanyol musim ini.

"Sudah hampir sampai. Ini langkah yang penting, enam poin berarti untuk kami setelah kekalahan di Rayo Vallecano," kata Xavi Hernandez menjelaskan dikutip Barca Universal, Rabu (3/5/2023).

Baca Juga

Gol semata wayang Barcelona tercipta pada menit ke-85 melalui bek veteran Jordi Alba. Itu membuat Barca kian nyaman di posisi pertama dengan perolehan angka 82 dari 33 partai unggul 14 poin di depan Real Madrid yang menempati kursi kedua.

Kegembiraan terlihat dari wajah entrenador berusia 43 tahun. Apalagi, di partai lain Madrid keok di tangan Real Sociedad 0-2 di San Sebastian.

"Kami akan menunggu dan melihat, tapi ini adalah langkah maju yang besar," sambung Xavi.

Meskipun kemenangan itu positif, Barcelona kehilangan dua pemain andalan. Raphinha dan Gavi mengalami cedera sehingga kedua pemain terpaksa ditarik keluar. Xavi menyebutkan kondisi Raphinha dan Gavi akan baik-baik saja.

"Raphinha mengalami masalah lutut dan ia mengatakan tidak bisa melanjutkan. Itu sebabnya kami berakselerasi dan Ousmane masuk. Kami percaya bahwa Raphinha dan Gavi tidak mengalami cedera serius," kata eks pelatih Al Sadd.

Ia juga memberikan pujian untuk pahlawan Jordi Alba, yang terus memberikan kontribusi penting meski tidak menjadi pemain reguler di tim. Alba menjadi penentu kemenangan lewat golnya pada menit ke-85. "Alba merupakan contoh terbaik bagi tim ini," kata dia.

Selanjutnya Barca akan melakoni Derby Katalunya melawan Espanyol sebelum menjamu Real Sociedad pada 21 Mei mendatang.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement