Rabu 03 May 2023 20:14 WIB

Guardiola Optimistis Kualitas Haaland akan Terus Meningkat

Haaland sudah mencetak 50 gol untuk Manchester City musim ini.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Penyerang Manchester City Erling Haaland
Foto: Reuters/Lee Smith
Penyerang Manchester City Erling Haaland

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Belum genap semusim berkostum Manchester City, Erling Haaland sudah memecahkan berbagai rekor. Teranyar, pria Norwegia itu mencetak gol ke-50 bersama the Citizens.

Ia memecahkan rekor yang bertahan sejak 1931 bagi pemain yang berkarier di Inggris, mengoleksi gol hingga jumlah tersebut dari berbagai ajang dalam semusim. Belum berhenti sampai di situ, khusus di Liga Primer, Haaland sudah menyamai catatan Alan Shearer dan Andy Cole. Tiga sosok tersebut mencetak 34 gol dalam semusim di kompetisi terelite Negeri Ratu Elisabeth. 

Baca Juga

Shearer serta Cole sudah pensiun. Haaland memiliki kans melewati dua pendahulunya. Sebab, the Citizens memiliki enam pertandingan tersisa di liga domestik musim ini. 

Selain gol, gks Borussia Dortmund itu juga menyumbang tujuh assist di Liga Inggris. Itu menggambarkan besarnya pengaruh Haaland dalam permainan Man City. 

Pelatih City Guardiola menegaskan, anak asuhnya itu sudah menetapkan standar yang tinggi. Selain naluri gol, jebolan akademi Bryne itu dinilai akan lebih berkembang di aspek lain juga.

"Kita berbicara tentang itu. Dalam pergerakan dan permainan, dia bisa meningkat. Saya merasa dia memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik. Dia bisa melakukannya," ujar Guardiola, dikutip dari laman resmi klubnya, Rabu (3/5/2023).

Sebagai pelatih, ia senang akan hal itu. Ketika individu berkembang, otomatis berpengaruh secara keseluruhan. Kualitas tim meningkat.

Guardiola tak asal bicara. Meski bertubuh jangkung dan berperan sebagai ujung tombak, Haaland juga beberapa kali memberikan operan akurat ke rekannya yang berujung gol. Kevin de Bruyne sering dimanjakan oleh assist rekannya tersebut.

"Namun saya pikir kontrol pertama adalah sesuatu yang bisa dia tingkatkan. Itulah yang sedang kami bicarakan," ujar Guardiola.

Man City akan berjumpa West Ham United pada laga tunda pekan ke-28. Duel tersebut berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (4/5/2023) pukul 02.00 dini hari WIB. Kemenangan bisa membuat The Citizens kembali ke singgasana klasemen sementara Liga Primer Inggris.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement