Rabu 03 May 2023 21:08 WIB

Leeds Umumkan Rekrut Allardyce, Gantikan Javi Gracia di Kursi Pelatih

Allardyce merupakan pelatih permanen ketiga Leeds musim ini.

Sam Allardyce, pelatih baru Leeds United.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL EDITORIAL USE ONLY
Sam Allardyce, pelatih baru Leeds United.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Leeds United telah merekrut Sam Allardyce sebagai pelatih baru untuk empat pertandingan tersisa di Liga Primer Inggris musim ini. Pengumuman Allardyce dilakukan pada Rabu (3/5/2023) petang WIB, setelah memecat Javi Gracia. Langkah ini sebagai upaya terkini untuk mencegah terdegradasi dari strata teratas.

Garcia hengkang dari Elland Road setelah menukangi klub itu hanya selama sepuluh pekan dan 12 pertandingan. Leeds saat ini masih berada di zona aman karena keunggulan selisih gol atas tim posisi ke-18 Nottingham Forest.

Baca Juga

Allardyce merupakan pelatih permanen ketiga Leeds musim ini. Sebelumnya, Gracia mengambil alih komando kepelatihan dari tangan Jesse Marsch pada April silam.

"Kami berterima kasih kepada Javi dan timnya untuk upaya-upaya mereka di bawah situasi yang sulit. Sisa empat pertandingan musim ini akan diambil alih oleh pelatih kepala berpengalaman Sam Allardyce," demikian pernyataan di laman resmi Leeds.

Direktur sepak bola Victor Orta juga telah meninggalkan Leeds dengan kesepakatan bersama pada Selasa (2/5). Allardyce mengatakan ia merasa terkejut bisa mendapat kepercayaan untuk mencoba menyelamatkan Leeds. Namun ia tidak perlu berpikir dua kali untuk menyambut tawaran itu.

"Saya telah melihat banyak masalah sebelumnya, dan saya dapat menjalaninya sedikit demi sedikit, namun empat pertandingan... Mudah-mudahan kami dapat membuat perbedaan dan mempertahankan klub ini di Liga Inggris," kata Allardyce seperti dikutip dari AFP.

Mantan pelatih Bolton Wanderers, Newcastle United, West Ham United, dan timnas Inggris Allardyce telah menganggur sejak akhir musim 2020/2021, setelah ia gagal menyelamatkan West Bromwich Albion dari ancaman degradasi.

Itu merupakan pertama kalinya tim asuhan Allardyce terdegradasi dari Liga Inggris selama 30 tahun karier kepelatihannya. Allardyce meninggalkan West Brom enam bulan sebelum kontrak 18 bulannya habis.

Meski memiliki catatan apik sebagai pelatih level klub, Allardyce hanya bertahan selama 67 hari saat mengarsiteki timnas Inggris dan hanya menukangi The Three Lions pada satu pertandingan, sebelum ia kemudian dipaksa mundur karena skandal pada 2016 lalu.

Leeds berikutnya akan melawat ke markas tim papan atas Manchester City pada Sabtu (6/5), sebelum menjamu tim peringkat ketiga Newcastle United. Pada dua pertandingan tersisa, Leeds akan bermain di kandang West Ham, dan mengakhiri musim dengan menjamu Tottenham Hotspur.

Klub berjuluk The Whites itu promosi ke Liga Inggris pada 2020, setelah absen berkompetisi di strata tertinggi selama 16 tahun. Marcelo Bielsa saat itu menjadi sosok yang mampu mengembalikan Leeds ke strata teratas. Namun, ia kemudian dipecat pada Februari tahun lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement