Kamis 04 May 2023 05:47 WIB

Gol Penalti Salah Amankan Kemenangan Liverpool Atas Fulham

Liverpool mengalahkan Fulham 1-0 lewat penalti Mohamed Salah.

Penyerang Liverpool Mohamed Salah menjadi penentu kemenangan timnya atas Fulham lewat gol penalti.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Penyerang Liverpool Mohamed Salah menjadi penentu kemenangan timnya atas Fulham lewat gol penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Mohamed Salah mencetak gol dari titik penalti untuk menjaga harapan tipis Liverpool lolos ke Liga Champions musim depan tetap hidup saat mereka mengamankan kemenangan 1-0 atas Fulham di Anfield dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Kamis (4/5/2023) dini hari WIB.

Kemenangan ini membawa Liverpool ke 59 poin, tertinggal empat poin dari tim peringkat empat Manchester United, yang memiliki dua pertandingan di tangan atas tim Merseyside itu. Sementara Fulham berada di urutan ke-10 dengan 45 poin.

Baca Juga

Fulham memiliki peluang bagus pertama dalam pertandingan ini ketika Carlos Vinicius memaksa Alisson Becker melakukan penyelamatan dengan tendangan keras yang berbelok arah menjadi sepak pojok di menit ke-14. Namun sebuah blunder dari Issa Diop membuat mereka tertinggal enam menit sebelum turun minum.

Bek tengah Fulham terlihat tidak dalam bahaya saat ia membiarkan sebuah operan melewatinya. Darwin Nunez memanfaatkan keputusan Diop untuk mencungkil bola dan sang pemain bertahan menjatuhkannya. Wasit langsung menunjuk titik putih.

Salah maju dan mencetak gol dari titik putih langsung ke tengah gawang untuk memperpanjang catatannya mencetak gol dalam delapan pertandingan beruntun di kandang sendiri. Gol tersebut memberikan tim tuan rumah sedikit ruang untuk bernafas.

Namun, meskipun memiliki pemain seperti Salah, Nunez, dan Luis Diaz di atas lapangan, Liverpool kesulitan untuk melepaskan tendangan ke arah gawang saat sang penjaga gawang, Bernd Leno, dengan cepat keluar dari garis gawangnya untuk berkali-kali menghalau bahaya.

Fulham memiliki kesempatan luar biasa untuk menyamakan kedudukan saat Vinicius menerobos masuk di menit ke-77. Namun sekali lagi Alisson menggagalkannya, menggunakan tangan kanan yang kuat untuk menepis tendangan jarak dekatnya ke belakang.

Tim tamu memiliki satu peluang terakhir di masa tambahan waktu saat Daniel James memberikan umpan kepada sesama pemain pengganti Bobby Decordova-Reid, tetapi Virgil van Dijk siap untuk menekan sang striker dan tendangannya masih melebar saat Liverpool bertahan untuk meraih kemenangan kelima beruntun di Premier League.

"Selalu sulit untuk memenangkan pertandingan di Liga Primer, lima kemenangan beruntun sangat bagus," kata kapten Liverpool, Jordan Henderson.

Manajer Jurgen Klopp mengatakan dia terkesan dengan semangat juang timnya, dan bahwa musim ini adalah tentang membangun momentum untuk musim berikutnya.

"(Itu) sangat penting... kami harus mencoba melakukan sesuatu yang bisa kami gunakan, sesuatu yang bisa kami bangun pada musim depan. Itulah yang kami lakukan dan saya senang dengan itu," tambahnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement