Rabu 03 May 2023 20:00 WIB

Klopp: Liverpool Harus Pastikan Bisa Bikin Fulham Gagal Tampil Maksimal

Liverpool berada di posisi kelima klasemen sementara Liga Primer.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp
Foto: AP Photo/Frank Augstein
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool Jurgen Klopp bereaksi jelang laga antara timnya kontra Fulham. Partai lanjutan Liga Primer Inggris itu berlangsung di Stadion Anfield, Kamis (4/5/2023) dini hari WIB.

Jelas, tuan rumah diunggulkan menjadi pemenang. Namun bukan Klopp namanya jika sampai terlena pada prediksi tersebut. Pria Jerman itu selalu menghormati setiap lawan.

Baca Juga

Ia menunjukkan kewaspadaan penuh. Secara khusus ia angkat jempol untuk juru taktik Fulham, Marco Silva. Menurutnya, Silva sudah membuat The Cottagers memainkan sepak bola berkelas. Salah satu pelatih cerdas di Liga Primer.

"Kami menyadari betapa bagusnya mereka. Terutama jika kami membiarkannya. Kami harus memastikan, mereka tidak bisa menjadi yang terbaik (dalam pertandingan ini). Itu pekerjaan pertama yang harus dilakukan," kata Klopp, dikutip dari laman resmi klubnya, Rabu (4/5/2023).

Liverpool akan menghadapi situasi yang lumrah terjadi. Biasanya saat bertemu lawan dari papan tengah, the Reds diharuskan membongkar tembok. Kubu tamu diprediksi lebih fokus pada pertahanan lalu mengincar serangan balik.

Klopp perlu memilih para pemain depan yang tepat untuk tugas ini. Ia memiliki beberapa nama sebagai pilihan. Ada Mohamed Salah, Diogo Jota, Darwin Nunez, Cody Gakpo. Belum termasuk Roberto Firmino yang belakangan lebih sering turun dari bangku cadangan.

Liverpool memakai formasi tiga striker. Masalahnya, para penyerang Liverpool memiliki kualitas setara yang mungkin menyulitkan Klopp dalam memilih pemain.

"Ini sesuatu yang harus kami lakukan. Saya tidak mengatakan itu sebagai tantangan. Itu situasi normal," ujar Klopp.

Ia justru bersyukur jika pemain yang tersedia lebih banyak dari apa yang dibutuhkan. Ia bebas berkreasi untuk memilih. Ada sosok tertentu yang cocok dengan lawan seperti Fulham, dan sebagainya.

Liverpool berada di posisi kelima klasemen sementara Liga Primer. Dengan mengantongi 56 poin, the Reds tertinggal tujuh angka di belakang Manchester United di urutan keempat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement