Kamis 04 May 2023 06:01 WIB

Haaland Cetak Rekor Saat Man City Kembali ke Puncak Klasemen

Manchester City mengalahkan West Ham 3-0, Haaland mencetak gol ke-35 di liga.

Pesepak bola Manchester City Erling Haaland
Foto: Reuters/Lee Smith
Pesepak bola Manchester City Erling Haaland

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Penyerang Manchester City, Erling Haaland, memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Primer Inggris pada Kamis (4/5/2023) dini hari WIB. Rekor tercipta saat ia mencetak gol kedua bagi City yang mengalahkan West Ham United 3-0 di Stadion Etihad. Ini merupakan gol ke-35 Haaland dalam musim debutnya di Liga Primer Inggris, melewati catatan 34 gol Alan Shearer dan Andy Cole.

Kemenangan ini sekaligus mengembalikan posisi City di puncak klasemen Liga Primer Inggris. City mengoleksi nilai 79 dari 33 laga, unggul satu poin dari Arsenal yang sudha melakoni 34 pertandingan.

Baca Juga

Nathan Ake berhasil memecah kebuntuan City pada menit ke-50. Sundulan Ake memanfaatkan umpan silang Riyadh Mahrez di kotak penalti membawa City unggul.

Gol Haaland tercipta pada menit ke-70 lewat tendangan cungkil memaksimalkan operan Jack Grealish untuk menaklukkan kiper Lukasz Fabianski. Phil Foden kemudian memperbesar keunggulan City lewat golnya pada menit ke-85.

"Ini malam yang spesial dan momen yang spesial. Saya sangat senang dan bangga. Saya tidak tahu harus berkata apa lagi," kata Haaland kepada Sky Sports. "Saya tahu tentang rekor tersebut, tentu saja, tetapi kami mencoba menciptakan peluang untuk mencetak gol dan itu tidak mudah karena mereka ingin bertahan. Kami kesulitan di babak pertama tapi akhirnya mereka bisa mencetak gol."

Para pemain City membentuk sebuah guard of honour setelah pertandingan di Stadion Etihad, dengan antusias menepuk kepala Haaland saat ia berlari untuk melakukan selebrasi. Ayahnya, Alfie Haaland, yang juga pernah bermain untuk City, menyaksikan dari salah satu box penonton dengan senyum lebar dan menerima jabat tangan ucapan selamat dari semua orang di sekitarnya.

"Dia pantas mendapatkannya (penghargaan itu)," kata pelatih City Pep Guardiola. "Semua tim pantas mendapatkannya, karena tanpa tim dia tidak bisa melakukannya, tetapi dia adalah striker yang istimewa."

Ia mengatakan seluruh personel di City suka kepada Haaland karena dia menyenangkan. Tidak hanya untuk bekerja dengannya, sebagai manajer, Guardiola berpikir semua orang senang memiliki sosok seperti Haaland dalam tim. 

"Saya pikir dalam sepak bola ketika ada momen spesial, kami harus menunjukkan betapa istimewanya hal tersebut, seperti yang kami lakukan hari ini dengan Erling. Untuk mengatasi Andy Cole dan Alan Shearer - pemain top yang luar biasa, penyerang top, itu spesial."

Baik Shearer maupun Cole mencatatkan rekor gol mereka dalam 42 pertandingan. Haaland melakukannya dengan 11 pertandingan lebih sedikit.

"Saya tidak tahu harus berkata apa lagi, kecuali terima kasih banyak," kata Haaland. Ia juga memuji rekan setimnya, Grealish, atas assistnya.

"Saya berbicara dengan Jack sebelum pertandingan dan dia mengatakan bahwa dia ingin memberikan assist untuk gol yang memecahkan rekor tersebut," ujar Haaland. "Itu adalah pantulan yang sempurna, saya tidak berpikir untuk melakukan tendangan cungkil namun kesempatan itu ada, jadi saya melakukannya."

Haaland, yang baru berusia 22 tahun dan menjalani musim debutnya di Liga Primer, masih memiliki lima pertandingan lagi untuk memperpanjang rekor tersebut.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement