Kamis 04 May 2023 07:51 WIB

Klopp Sanjung Aksi Alisson Becker dalam Kemenangan Tipis Liverpool Atas Fulham

Becker membuat dua penyelamatan dalam kemenangan Liverpool 1-0 atas Fulham.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
 Penjaga gawang Alisson Becker dari Liverpool
Foto: EPA-EFE/Kieran Galvin
Penjaga gawang Alisson Becker dari Liverpool

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengakui timnya akan benar-benar kalah jika Alisson Becker mengalami penurunan performa. Aksi menawan penjaga gawang Brasil itu membantu Liverpool mencatatkan kemenangan tipis 1-0 melawan Fulham dalam lanjutan Liga Primer Inggris pada Kamis (4/5/2023) dini hari WIB. 

Becker mencatat clean sheet pertama sejak awal April, memastikan penalti Mohamed Salah melawan tim London sudah cukup untuk mengamankan tiga poin. Kemenangan tersebut menjadikan Liverpool meraih lima kemenangan berturut-turut, meskipun peluang untuk naik ke empat besar pada akhir musim tetap berat.

Baca Juga

Liverpool finis kedua musim lalu, tetapi inkonsistensi melanda mereka kali ini - terutama di laga tandang, di mana mereka kalah delapan kali dari 17 pertandingan mereka. Namun, sebagian besar berkat kiper mereka, Liverpool kini memiliki kesempatan untuk mengakhiri musim dengan baik.

"Dia adalah pemain paling konsisten yang kami miliki musim ini," kata Klopp dikutip dari Mirror, Kamis (4/5/2023). "Jika levelnya turun juga, kami akan benar-benar kalah." 

Kemenangan terbaru membuat Liverpool hanya tertinggal empat poin dari Manchester United yang berada di urutan keempat. Tim Erik ten Hag memiliki dua pertandingan di tangan, dengan yang pertama melawan Brighton pada Jumat (5/5/2023).

Kemenangan tersebut memungkinkan pasukan Klopp membalas dendam atas Fulham yang membuat mereka frustrasi saat bermain imbang pada  akhir pekan pembukaan musim ini. Mereka membutuhkan Alisson dalam performa terbaiknya, dengan mantan penjaga gawang Roma itu mampu menggagalkan upaya Carlos Vinicius dan Bobby Decordova-Reid pada babak kedua.

"Alisson tidak terlalu sibuk malam ini tetapi berada di posisi itu, dia adalah orang paling bahagia di ruang ganti dengan clean sheet," kata Klopp kepada BBC. "Dia membenci 4-3 dan hal-hal seperti ini. Malam ini dia bisa menyelamatkan lini belakang kami dan itu sangat penting," ujarnya. 

Mantan bos Borussia Dortmund itu mengomentari harapan empat besar timnya realistis dengan waktu yang hampir habis. Menurutnya harapan itu masih ada. Jika Newcastle dan Manchester United memenangkan semua pertandingan mereka, Liverpool tidak memiliki peluang. Jika Brighton memenangkan semua pertandingan, mereka di depan Liverpool.

"Kami hanya harus memenangkan pertandingan kami dan melihat ke mana poisis kami. Saat ini, saya senang dengan arah kami. Kami hanya harus terus berjalan dan pada akhirnya kami akan melihat klasemen dan mengambil apa yang bisa kami dapatkan," kata Klopp.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement