Kamis 04 May 2023 08:56 WIB

'Penyihir' Porto Era Mourinho Muncul Jadi Kandidat Terkuat Bos Barcelona

Saat ini, ia dikenal sebagai agen pemain andal yang membuat Barca kepincut.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Masa kejayaan FC Porto. Deco mendapatkan ucapan selamat dari Jose Mourinho pada final Piala Super Portugal 2003 silam.
Foto: EPA-PHOTO/LUSA/MANUEL DE ALMEIDA
Masa kejayaan FC Porto. Deco mendapatkan ucapan selamat dari Jose Mourinho pada final Piala Super Portugal 2003 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Mantan gelandang FC Porto era Jose Mourinho dua dekade lalu, Deco, muncul sebagai kandidat terkuat untuk mengisi posisi Direktur Sepak Bola Barcelona, yang bakal ditinggalkan Mateu Alemany. Status Deco sebagai mantan penggawa Blaugrana menjadi keunggulan eks gelandang Timnas Portugal itu dibandingkan kandidat lain.

Selain Deco, nama mantan Direktur Sepak Bola Real Betis, Antonio Cordon, dan Koordinator Timnas Spanyol Junior, Tito Blanco, dilaporkan masuk dalam radar Barcelona. ''Namun, dalam pembicaraan terakhir dengan petinggi klub, Presiden Barcelona, Joan Laporta, berharap bisa menunjuk mantan pemain Barcelona,'' tulis laporan AS, Kamis (4/4/2023).

Baca Juga

Selain itu, jaringan stasiun radio asal Katalunya, RAC-1, juga sempat melansir laporan terkait calon pengganti Alemany. Nama Deco, yang memperkuat Barcelona pada 2004 hingga 2008, berada di urutan teratas dan menjadi kandidat terkuat untuk memangku jabatan Direktur Sepak Bola Barcelona.

Sosok yang diakui dunia sepak bola kala itu sebagai Magician of Football diketahui telah menjalin hubungan kerjasama dengan Barcelona. Sosok berusia 45 tahun itu ditunjuk menjadi penasihat dalam perekrutan pemain asal Amerika Selatan dan Brasil buat Barcelona. Usai pensiun sebagai pesepak bola profesional, Deco memang melakoni profesi sebagai agen pemain.

Kabarnya, perekrutan Pierre-Emerick Aubameyang dan Raphinha tidak terlepas dari peran Deco. 

''Deco terus menjalin hubungan baik dengan Laporta dalam beberapa tahun terakhir. Deco bahkan menjadi pengganti Andre Cury, yang sempat dipercaya menjadi pencari bakat buat Barcelona di kawasan Amerika Selatan,'' tulis laporan AS.

Berdasarkan lansiran Sport, Laporta sebenarnya sempat mengajak Deco untuk bergabung bersama jajaran manajemen Barcelona. Namun, eks gelandang Chelsea itu menolak dan lebih memilih untuk melanjutkan karier sebagai agen pemain. 

Apabila nantinya Deco menerima posisi yang ditawarkan Barcelona, maka Deco harus melepas semua aktivitas sebagai agen pemain.

Selama empat tahun memperkuat Barcelona, Deco sempat mempersembahkan dua titel La Liga dan satu trofi Liga Champions. Deco berhasil membawa Blaugrana meraih gelar ganda pada akhir musim 2005/2026, tepatnya saat mengawinkan gelar juara Liga Champions dan trofi La Liga.

Sebelumnya, Barcelona telah secara resmi mengumumkan rencana Mateu Alemany untuk mengundurkan diri sebagai Direktur Sepak Bola Barcelona.

Meski masih terikat kontrak hingga 2024 mendatang, Alemany berniat mundur dari jajaran direksi Blaugrana pada 1 Juni 2023 mendatang. Kendati begitu, Alemany akan tetap menyelesaikan tugasnya terkait rencana perekrutan pemain Blaugrana pada jendela transfer musim panas tahun ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement