Jumat 05 May 2023 06:40 WIB

Indonesia Punya Kans Tampil Vs Timnas Argentina di FIFA Matchday pada Juni 2023

Dua negara Asia yang paling mungkin dihadapi Argentina adalah Cina dan Indonesia.

Timnas Argentina.
Foto: AP
Timnas Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) timnas sepak bola Indonesia masih punya kans besar menghadapi juara Piala Dunia 2022, Argentina, pada laga FIFA Matchday periode Juni 2023. Timnas Argentina sampai saat ini memang belum memutuskan akan melawan negara mana pada FIFA Matchday nanti.

Namun demikian, tim berjulukan Albiceleste itu sudah mendapatkan banyak peminat, salah satunya timnas Indonesia. Sebanyak tujuh negara dikabarkan sedang bersaing demi bisa melawan Argentina pada laga uji coba FIFA Matchday. Tujuh negara tersebut adalah Indonesia, Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia, Amerika Serikat, dan Bangladesh.

Baca Juga

Apalagi Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) sebelumnya juga dikabarkan membuka peluang untuk datang ke Asia. AFA disebut-sebut bakal melakukan tur FIFA Matchday ke Asia pada bulan Juni 2023.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh jurnalis asal Argentina, Marcos Duran, dalam liputannya di Relevo.com pada Selasa (2/5/2023).

Usai menjadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar, AFA selaku induk sepak bola Argentina ingin memaksimalkan potensi ekonomi para bintangnya. Apalagi Argentina saat ini sedang dalam situasi krisis ekonomi berat yang memaksa AFA harus memikirkan hal tersebut.

Melakukan uji coba di negara-negara Asia bakal menjadi ide yang rasional bagi Argentina jika ingin memaksimalkan potensi pundi-pundi uang dari Lionel Messi dkk.

Apalagi Juni 2023 bakal jadi kesempatan terakhir bagi negara-negara di Amerika Latin untuk menjalani laga persahabatan. Pasalnya, setelah itu, Argentina akan menjalani agenda Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Latin.

Dua negara yang paling mungkin dihadapi oleh Argentina adalah Cina dan Indonesia. Kedua tim tersebut diketahui sudah meresmikan laga uji coba menghadapi Palestina pada Juni 2023. Laga Indonesia menghadapi Palestina bakal terlaksana pada 14 Juni 2023. Kemudian Cina bakal menjajal Palestina pada 20 Juni 2023.

Kemungkinan, seperti dikutip dari akun Instagram @albicelestetalk, Argentina bakal menantang timnas Indonesia pada laga kedua FIFA Matchday Juni 2023 setelah bertandang ke Cina.

Timnas Indonesia di bawah pimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir menargetkan untuk bisa meningkatkan ranking FIFA. Tak tanggung-tanggung, timnas Indonesia juga dicarikan lawan-lawan yang peringkat FIFA di atas Indonesia. Beberapa waktu lalu PSSI juga buka suara terkait ada peluang timnas Indonesia melawan Argentina pada FIFA Matchday.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement