Jumat 05 May 2023 10:18 WIB

Presiden La Liga Peringatkan Barcelona Harus Potong Gaji Messi Jika Sang Bintang Kembali

Barca juga diharuskan menjual sejumlah pemain sebelum mencoba merekrut kembali Messi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Bintang PSG Lionel Messi dikabarkan ingin kembali ke Barcelona.
Foto: AP Photo/Aurelien Morissard
Bintang PSG Lionel Messi dikabarkan ingin kembali ke Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden La Liga Spanyol Javier Tebas bersikeras bahwa Lionel Messi perlu mengambil pemotongan gaji untuk bergabung dengan Barcelona. Klub raksasa Katalan itu juga diharuskan menjual pemain sebelum mencoba untuk merekrut kembali bintang asal Argentina itu.

Pemain berusia 35 tahun itu terpaksa mengakhiri karier seniornya yang legendaris selama 17 tahun di Camp Nou pada musim panas 2021 setelah Barcelona tidak dapat menawarkan kontrak baru kepada sang penyerang di tengah masalah keuangan klub.

Baca Juga

Messi telah menghabiskan dua musim terakhir bersama Paris Saint-Germain (PSG), mencetak 31 gol dan memberikan 34 assist dalam 71 pertandingan di semua kompetisi, serta memenangkan satu gelar Ligue 1 dan satu Piala Super Prancis.

PSG dipahami memiliki opsi untuk memperpanjang kontrak Messi selama 12 bulan lagi, tetapi raksasa Prancis itu diduga memilih untuk tidak memicu klausul perpanjangan, yang berarti pemenang Piala Dunia 2022 itu akan meninggalkan klub secara gratis musim panas ini.

Berita itu muncul hanya beberapa hari setelah pemenang gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) tujuh kali itu diberi skorsing dua pekan tanpa bayaran oleh PSG karena melakukan perjalanan tidak sah ke Arab Saudi awal pekan ini karena alasan komersial.

Messi, yang mungkin telah memainkan pertandingan terakhirnya untuk PSG, telah banyak dikaitkan dengan kembalinya ke Barcelona untuk beberapa waktu. Meskipun kenyataan dari kesepakatan yang diusulkan masih harus dilihat karena masalah keuangan klub Katalan yang terdokumentasi dengan baik.

Tebas mengungkapkan awal tahun ini Barca akan diminta untuk mengumpulkan sekitar 177 juta poundsterling dari penjualan pemain sebelum dapat mempertimbangkan untuk menargetkan pemain baru musim panas nanti.

"Barcelona tidak memiliki ruang dalam anggarannya untuk dibelanjakan di jendela transfer yang akan datang. Barcelona telah terlibat dalam perilaku yang dipertanyakan yang berdampak pada La Liga dan kami bertindak sesuai dengan itu. Kami telah memutuskan mereka tak dapat lagi merekrut lebih banyak pemain," kata Tebas pada bulan Maret lalu, dikutip dari Sportsmole, Jumat (5/5/2023).

Sementara itu, Messi diyakini sangat ingin kembali ke Barcelona. Di sana ia mencetak 672 gol dalam 778 penampilan dan meraih total 35 trofi termasuk 10 gelar La Liga dan empat Liga Champions.

Tebas pun telah memperingatkan Barca harus menjual pemain untuk mendanai kepindahan Messi yang perlu mengambil pemotongan gaji yang signifikan dari kontraknya yang dilaporkan 35 juta euro per tahun di PSG.

"Jika Barca mengontrak Leo Messi, gajinya akan lebih rendah daripada di Paris Saint-Germain," kata ketua La Liga itu. "Kembalinya sekarang bergantung pada penjualan pemain. Saya pikir Barca akan mendapatkan jumlah yang bagus dari penjualan pemain musim panas ini."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement