Jumat 05 May 2023 13:59 WIB

Dari Klub Bangkrut, Aurelio De Laurentiis Sulap Napoli Jadi Tim Disegani

De Laurentiis datang membeli Napoli ketika klub sedang bangkrut pada 2004.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis (tengah).
Foto: EPA/CESARE ABBATE
Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Trofi scudetto yang dinanti-nantikan selama 33 tahun akhirnya berhasil diraih oleh Napoli pada musim 2022/2023. Kepastian itu didapatkan setelah Napoli bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Udinese, Jumat (5/5/2023) dini hari WIB.

Semua bersuka cita, baik pemain pemain, pelatih, dan staf yang sedang berlaga di kandang Udinese maupun penggemar yang sedang menantikan detik-detik timnya juara di Kota Naples. Dikutip dari Football Italia, Jumat (5/5/2023), kesuksesan Napoli ini tentu tak bisa dilepaskan dari Sang Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis.

Baca Juga

Sosok pria berusia 73 tahun itu datang membeli klub ketika Napoli sedang bangkrut pada 2004. Dengan dinyatakan bangkrut, maka Napoli dicoret dari kompetisi Serie A Liga Italia dan terdegradasi ke Divisi III alias Serie C. Napoli tidak sanggup melunasi utang sekitar Rp 770 miliar hingga tenggat waktu yang ditentukan waktu itu.

Dalam situasi tersebut, De Laurentiis masuk mengakuisisi klub yang pernah dibela oleh legenda sepak bola dunia Diego Maradona. De Laurentiis datang dengan membawa semangat dan harapan positif untuk membawa Napoli ke kasta sepak bola tertinggi Italia lagi. Ia juga menjanjikan adanya stabilitas keuangan.

Dan tak butuh waktu lama bagi Napoli kembali ke Serie A. Partenopei kembali ke kasta tertinggi itu pada musim 2007/2008. Sejak saat itu, Napoli tak pernah terdegradasi. Beberapa musim I Partenopei berstatus sebagai tim papan tengah.

Perlahan tapi pasti, Napoli mulai tampil di Eropa. Pada musim 2010/2011, Partenopei lolos ke Liga Champions. Lebih dari satu dekade terakhir, Napoli menjadi pesaing-pesaing tim papan atas. Puncaknya musim ini, Napoli meraih scudetto ketiga dalam sejarah klub.

Selama kepemilikan De Laurentiis, Napoli pernah diperkuat sejumlah pemain top, seperti Gonzalo Higuain dan Edinson Cavani. Sejumlah pelatih top juga pernah menangani klub ini, di antaranya Carlo Ancelotti dan Maurizio Sarri. Selama kepemilikan De Laurentiis, Napoli telah meraih lima gelar, yakni satu scudetto, dua Coppa Italia, dan satu Piala Super Coppa Italia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement