Sabtu 06 May 2023 18:21 WIB

Ironi Al Hilal, Urawa Reds Asal Jepang Keluar Sebagai Juara Liga Champions Asia 2022/2023

Urawa Reds memenangi leg kedua berkat gol bunuh diri lawan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Urawa Reds di Final Liga Champions Asia 2022/2023.
Foto: EPA-EFE/STR
Urawa Reds di Final Liga Champions Asia 2022/2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SAITAMA -- Urawa Red Diamonds berhasil merengkuh trofi ketiga Liga Champions Asia (AFC) setelah mengalahkan Al Hilal dengan skor 1-0 pada leg kedua yang berlangsung di Saitama Stadium, Sabtu (6/5/2023).

Merujuk dari hasil dua pertemuan di babak final, tim berjuluk Setan Merah itu menang 2-1 dari wakil asal Arab Saudi, Al Hilal.

Baca Juga

Ironinya, gol kemenangan Urawa dicetak oleh pemain Al Hilal, Andre Carillo, lewat gol bunuh diri pada menit ke-49.

Praktis ini menasbihkan Urawa sebagai klub asal Jepang tersukses dengan koleksi tiga trofi Liga Champions Asia. Sebelumnya the Red Devils telah menjuarai piala bergengsi pada musim 2007 dan 2017 silam.

Sementara berkat hasil ini kubu Ramon Diaz, Al Hilal, gagal mempertahankan gelar Liga Champions Asia yang musim lalu mereka raih.

Jalannya laga Al Hilal tampil menekan pun mendominasi pertandingan. Sayang, hingga pertengahan babak pertama belum ada gol tercipta.

Tim Arab Saudi menunjukkan permainan satu-dua yang merepotkan tuan rumah Urawa. Peluang pertama tercipta lewat tembakan keras Abdullah Otayf. Sayang, sepakannya masih bisa diantisipasi kiper Urawa Shusaku Nishikawa.

Giliran Urawa menyengat melalui Shinzo Koroki menit ke-35. Menyambut umpan silang penyerang tersebut langsung menyontek bola. Nahas, laju bola masih mudah dipatahkan portiere Al Hilal Abdullah Al Muaiof.

Memasuki interval kedua, Urawa langsung mengambil inisiatif serangan. Upaya anak asuh Maciej Skorza berbuah hasil.

Pada menit ke-49, Andre Carillo melakukan gol bunuh diri sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Urawa Red Diamonds.

Setelah memimpin, Urawa bermain lebih tenang dan mendominasi laga. Al Hilal justru sulit membangun permainan dan mencari peluang mencetak gol.

Sampai peluit panjang berbunyi skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Urawa. Sebelumnya, kedua tim bermain imbamg 1-1 pada leg pertama di Stadion Ahmed Abu Bakar Said.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement