Senin 08 May 2023 13:13 WIB

Race to Liga Champions: Newcastle Unggul, MU Belum Pasti, Liverpool dan Brighton Mengintip

MU masih harus bertemu Chelsea pada laga sisa di Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Aaron Cresswell (kiri) dan Lucas Paqueta dari West Ham United dan Lucas Paqueta berkombinasi untuk menghentikan pemain Manchester United, Marcus Rashford, selama pertandingan Liga Primer Inggris antara West Ham United dan Manchester United, di London, Inggris, Senin (8/5/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/DANIEL HAMBURY EDITORIAL USE ONLY.
Aaron Cresswell (kiri) dan Lucas Paqueta dari West Ham United dan Lucas Paqueta berkombinasi untuk menghentikan pemain Manchester United, Marcus Rashford, selama pertandingan Liga Primer Inggris antara West Ham United dan Manchester United, di London, Inggris, Senin (8/5/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester City dan Arsenal sudah dipastikan bakal menjadi wakil Inggris di pentas Liga Champions musim depan. Namun hingga Liga Primer Inggris menuntaskan pekan ke-35, dua posisi terakhir di zona Liga Champions klasemen Liga Primer Inggris masih menjadi rebutan empat tim.

Empat tim tersebut adalah Newcastle United, Manchester United, Liverpool, dan Brighton and Hove Albion. Dari segi posisi, Tottenham Hotspur memang berada di atas Brighton dan mengantongi keunggulan dua poin, tepatnya di peringkat keenam dengan raihan 57 poin.

Baca Juga

Namun, Spurs telah tampil dalam 35 partai, sementara The Seagulls baru merumput di 32 laga. Alhasil, apabila bisa memetik poin penuh di tiga partai sisa, Brighton bisa menggeser Spurs. Bahkan, tim besutan Roberto De Zerbi bisa naik ke peringkat kelima dan menggeser Liverpool, yang telah tampil di 35 partai.

Meski peluangnya kecil lantaran masih harus menghadapi dua tim teratas di klasemen sementara Liga Primer Inggris, Arsenal dan Manchester City, The Seagulls masih berpeluang untuk bisa menggeser Setan Merah dan duduk di posisi terakhir di zona Liga Champions. Terlebih, dalam salah satu laga tunda, Brighton akan menghadapi Newcastle United, tepatnya pada akhir pekan depan. Namun, The Magpies tentu tidak mau kehilangan poin di empat laga sisa.

Maklum, dibanding empat tim lain, tim besutan Eddie Howe itu memiliki keunggulan tersendiri untuk bisa finis di empat besar. Duduk di peringkat ketiga, Newcastle United telah mengantongi keunggulan tiga poin atas United. Selain itu, The Magpies juga masih melakoni satu laga tunda.

Terlepas dari keuntungan tersebut, pelatih Newcastle United, Eddie Howe, tidak mau buru-buru sesumbar soal peluang anak-anak asuhnya tampil di Liga Champions pada musim depan. ''Belum ada yang dipastikan. Saya rasa semuanya belum dipastikan dalam waktu depat. Kami bersaing dengan tim-tim elite. Satu hal yang pasti, kami akan berjuang hingga akhir,'' kata Howe seperti dikutip Chronicle Live, beberapa waktu lalu.

Setelah menelan kekalahan, 0-2, dari Arsenal di partai terakhir, The Magpies akan menghadapi tim papan bawah klasemen sementara, Leeds United, akhir pekan ini. Bruno Guimaraes dan kawan-kawan tentu bertekad untuk kembali ke jalur kemenangan di laga itu seraya menjauh dari kejaran United.

Tidak hanya MU, ancaman juga datang dari Liverpool, yang mulai kembali menunjukan konsistensi performa. Tim besutan Jurgen Klopp itu memetik kemenangan di enam laga terakhir. 

MU menjadi tim yang paling terancam dengan sinyal kebangkitan Liverpool tersebut. Meski berada di peringkat keempat, Setan Merah hanya terpaut satu poin dari The Reds. Satu-satunya keuntungan MU atas The Reds adalah satu sisa laga tunda. 

Setan Merah sebenarnya memiliki peluang untuk melebarkan jarak poin dengan United. Namun, kesempatan itu terbuang percuma saat United dibekap West Ham United, 0-1, Senin (8/5/2023) dini hari WIB.

Kini, MU mesti bisa memaksimalkan raihan poin penuh saat menghadapi Chelsea pada laga tunda, akhir Mei mendatang, apabila berharap bisa melebarkan jarak poin dengan The Reds. Pelatih MU Erik ten Hag yakin, MU masih memegang kendali dalam perebutan posisi empat besar Liga Primer Inggris.

Laju impresif Liverpool, kata Ten Hag, tidak akan mempengaruhi performa anak-anak asuhnya dalam sprint terakhir perebutan satu tiket Liga Champions. ''Ini bukan soal Liverpool, tapi soal diri kami sendiri. Jika Anda melihat papan klasemen, semuanya masih ada di tangan kami. Jika kami bisa menampilan standar permainan, kami bisa meraih kemenangan. Tidak ada yang berubah, target tiga poin di masing-masing empat laga sisa,'' kata Ten Hag.

Jadwal pertandingan empat tim yang bersaing memperebutkan jatah Liga Champions di Liga Primer Inggris musim ini:

Newcastle United: Leeds United (13 Mei), Brighton (18 Mei), Leicester City (22 Mei), dan Chelsea (28 Mei)

Manchester United: Wolves (13 Mei), Bournemouth (20 Mei), Chelsea (25 Mei), dan Fulham (28 Mei)

Liverpool: Leicester City (15 Mei), Aston Villa (20 Mei), dan Southampton (28 Mei).

Brighton and Hove Albion: Everton (8 Mei), Arsenal (13 Mei), Newcastle United (18 Mei), Southampton (21 Mei), Manchester City (24 Mei), Aston Villa (28 Mei).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement