Selasa 09 May 2023 15:58 WIB

Tim Bulu Tangkis Beregu Putri Langsung Fokus Vs Filipina di Semifinal SEA Games 2023

Indonesia tak terlalu memikirkan kejutan yang dibuat Filipina saat tekuk Malaysia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.
Foto: DOK PBSI
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PHEN -- Tim bulu tangkis beregu putri Indonesia langsung fokus ke babak semifinal SEA Games Kamboja 2023 setelah mengalahkan tuan rumah Kamboja 3-0 pada babak perempat final, Selasa (9/5/2023). Di semifinal, Indonesia akan melawan Filipina, Rabu (10/5/2023).

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky, berpesan agar para pemain bisa menampilkan permainan yang penuh percaya diri. Ia juga mengatakan, timnya tidak terlalu memikirkan kejutan yang dibuat Filipina saat sukses mengalahkan Malaysia dengan skor meyakinkan 3-0 pada hari Senin (8/5/2023) kemarin.

Baca Juga

"Kami tidak mau terlalu memikirkan apa yang dilakukan lawan. Kami harus fokus pada diri masing-masing," kata Rionny dalam keterangan persnya, Selasa.

Rionny mengeklaim persiapan melawan Filipina sudah bagus. Ia berharap pemain tampil dengan kepercayaan diri tinggi. Ia pun yakin dapat mengalahkan Filipina.

Tim beregu putri Indonesia memulai perjuangan dengan sempurna melawan Kamboja. Bertanding di Badminton Hall Morodok Techo, Komang Ayu Cahya Dewi yang menjadi tunggal putri pertama membuka skor dengan mengalahkan Phon Chenda 21-4, 21-4.

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menggandakan skor lewat kemenangan 21-15, 21-12 atas Chheng Huy/Seavty Teav. Ester Nurumi Tri Wardoyo akhirnya menutup kemenangan Indonesia dengan mengungguli Heang Leakhena 21-6, 21-8.

"Beregu putri hari ini menang 3-0 lawan Kamboja di pertandingan pertama. Saya melihat tunggal pertama, ganda pertama, dan tunggal kedua bermain cukup bagus. Memang terlihat dari pemanasan juga bagus dan mereka tidak ragu-ragu. Saya harapkan besok tampil lebih bagus lagi," ucap Rionny.

Perhatian khusus juga diberikan Rionny kepada para pemain yang tidak sempat turun berlaga. Kakak dari legenda ganda putra Indonesia, Rexy Mainaky, itu pun memberikan program latihan agar kondisi pemainnya tetap terjaga.

"Tadi memang ada beberapa pemain kami yang tidak sempat turun. Jadi tadi mereka saya berikan program latihan sekitar satu jam untuk menjaga kondisi dan performanya stabil. Karena satu hari saja tidak latihan atau bertanding pasti berpengaruh," jelas Rionny.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement