Selasa 09 May 2023 23:01 WIB

Di Liga Primer Inggris Berjaya, Bagaimana Ketajaman Erling Haaland di Liga Champions?

Di Inggris, Haaland adalah monster yang tak bisa dijinakkan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Manchester City Erling Haaland kecewa setelah kehilangan kesempatan untuk mencetak gol pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Leeds United di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu (6/5/2023).
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Pemain Manchester City Erling Haaland kecewa setelah kehilangan kesempatan untuk mencetak gol pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Leeds United di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu (6/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Erling Braut Haaland merupakan representasi dari penyerang terbaik dunia saat ini. Bahkan di usia muda Haaland sudah mengantongi sejumlah rekor fantastis, khususnya di level sepak bola Eropa Liga Champions. Di Liga Primer Inggris misalnya, Haaland telah membuat 35 gol dalam 32 penampilan. 

Manchester City akan bertandang ke markas Real Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions 2022/2023 di Etihad Stadium, Rabu (10/5/2023) dini hari nanti.

Baca Juga

Haaland menjadi salah satu pemain yang patut diwaspadai pemain besutan Carlo Ancelotti. Pasalnya striker asal Norwegia merupakan mesin gol Los Merengues.

Menukil dari laman resmi UEFA, Selasa (9/5/2023) Haaland telah mencetak 35 gol hanya dalam 27 penampilan di kompetisi Liga Champions bersama tiga klub berbeda.

Menariknya, Haaland masih berusia 22 tahun dan hanya dalam musim keempatnya di kejuaraan ini, ia sudah berada di urutan ke-10 dalam daftar pencetak gol Liga Champions sepanjang masa melampaui beberapa pemain terbaik.

Kemunculan Haaland di ajang Si Kuping Lebar terjadi saat ia memperkuat RB Salzburg pada 2019. Mengejutkannya, Haaland sejauh ini jadi satu-satunya pemain yang mencetak hattrick di babak pertama pada debutnya dalam kemenangan Salzburg 6-2 atas KRC Genk.

Dia mencetak gol dalam lima penampilan pertamanya di Liga Champions, rekor delapan gol secara keseluruhan, orang ketiga yang mencapai prestasi tersebut setelah Alessandro Del Piero dan Diego Costa.

Beberapa musim setelahnya Haaland bergabung dengan tim Bundesliga Jerman Borussia Dortmund. Berkostum Die Borussen Haaland lebih menggila mengukir 15 gol dari 13 pertandingan. Pun, 12 gol dari delapan partai bareng Manchester City.

Terlepas punya peluang besar jadi top skor Liga Champions musim ini, Erling Haaland juga berkesempatan untuk menajamkan catatan golnya atau bahkan melampaui rekor milik Lionel Messi.

Messi mencetak gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions pada edisi 2011/2012. Saat itu, ia mengemas 14 gol. Artinya, Haaland hanya terpaut dua gol untuk menyamai rekor striker Paris Saint-Germain (PSG) atau bahkan justru melampauinya.

 

Berikut statistik rekor gol Haaland di Liga Champions dikutip laman resmi UEFA:

 

Salzburg: 6 pertandingan - 8 gol

Dortmund: 13 pertandingan - 15 gol

Manchester City: 8 pertandingan - 12 gol

 

Total keseluruhan

 

Penampilan: 27

Jumlah gol: 35

 

Gol Haaland di Liga Champions tercipta melalui:

 

Kaki Kiri: 23

Kaki kanan: 8

Kepala: 4

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement