Rabu 10 May 2023 06:25 WIB

Ancelotti Sebut Gol Manchester City Seharusnya tidak Sah karena Bola Sudah Keluar

Gol Man City yang dicetak Kevin De Bruyne dinilai Ancelotti harus dianulir.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti berbicara dengan wasit Artur Soares Dias dalam pertandingan semifinal Liga Champions melawan Manchester City. Ancelotti tidak puas dengan gol penyeimbang City yang dianggap tidak sah karena bola sudah keluar lapangan.
Foto: EPA-EFE/JuanJo Martin
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti berbicara dengan wasit Artur Soares Dias dalam pertandingan semifinal Liga Champions melawan Manchester City. Ancelotti tidak puas dengan gol penyeimbang City yang dianggap tidak sah karena bola sudah keluar lapangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Carlo Ancelotti mengkritik wasit Artur Soares Dias setelah hasil imbang 1-1 Real Madrid dengan Manchester City pada leg pertama semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (10/5/2023) dini hari WIB. Ia mengatakan, gol penyama kedudukan City seharusnya tidak sah.

Kevin De Bruyne menyamakan kedudukan untuk City pada menit ke-67, setelah Vinicius Junior membawa Madrid unggul dengan gol yang menakjubkan di babak pertama. Gol De Bruyne membuat kontes kedua tim tetap terbuka menjelang leg kedua di Stadion Etihad pada tengah pekan depan.

Baca Juga

Pelatih asal Italia itu mengatakan bahwa ia telah melihat tayangan televisi yang menunjukkan bahwa bola telah keluar dari permainan di pinggir lapangan, beberapa detik sebelum gol De Bruyne.

"Sepertinya [bola] sudah keluar," kata Ancelotti kepada Movistar, dikutip dari ESPN. "Sebelum itu, ada tendangan sudut yang tidak diberikan [wasit]. Wasit tidak terlalu memperhatikan. Dia memberi saya kartu kuning dan saya berkata 'Berikan kartu di dalam lapangan, bukan di luar lapangan!"

Menurut Ancelotti, bukan ia yang mengatakan bola sudah keluar lapangan, melainkan teknologi. Ancelotti mengaku terkejut karena wasit wasit tidak memperhatikan detail-detail kecil. Baginya, para pemain pantas mendapatkan lebih banyak kartu di lapangan, bukan dirinya yang berada di luar lapangan.

Pertandingan ini merupakan ulangan semifinal Liga Champions tahun lalu, yang membuat Madrid melaju dengan agregat 6-5 setelah kemenangan dramatis 3-1 pada leg kedua di Bernabeu. Meski dalam posisi berbeda dan dinilai lebih buruk karena akan menjalani laga kedua di markas City yang tengah on fire, Ancelotti mengaku perasaannya baik-baik saja.

"Kami telah bertanding, kami telah berjuang, dan mungkin kami pantas menang. Itu adalah pertandingan yang bagus, hasilnya tidak sesuai dengan harapan kami, tetapi pertandingan ini akan berlangsung imbang hingga menit terakhir," kata dia.

Pelatih City, Pep Guardiola, mengatakan bahwa timnya tidak dapat memanfaatkan kontrol mereka atas pertandingan di babak pertama dan berharap untuk mengubah taktiknya menjelang leg kedua.

"Ini sepak bola," kata Guardiola, ketika ditanya tentang kegagalan City mencetak gol tadi. "Ini adalah Real Madrid. Saya tidak terkejut. Kami harus melihat bagaimana kami bisa menemukan keseimbangan, jika kami bisa sedikit menyerang.

"[David] Alaba dan [Antonio] Rudiger sangat dekat dengan Erling [Haaland]. Ruang antara bek tengah dan bek sayap terisi penuh, tidak mudah untuk menemukan ruang bagi Erling. Kami akan mencoba membuat beberapa perubahan, bermain dengan ritme yang lebih baik," kata Guardiola.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement