Rabu 10 May 2023 12:16 WIB

Bungkam Filipina, Indonesia Mulus ke Final Bulu Tangkis Beregu Putri SEA Games

Indonesia mengalahkan Filipina 3-0 di semifinal.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Ester Nurumi Tri Wardoyo
Foto: DOK PBSI
Ester Nurumi Tri Wardoyo

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Indonesia memastikan satu tempat di partai final bulu tangkis beregu putri SEA Games 2023 usai menundukan Filipina, 3-0, Rabu (10/5/2023) pagi WIB. Kepastian ini didapat usai tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, menundukan tunggal putri Filipina, Maria Bianca Ysabel, 21-19 dan 21-9, dalam laga yang digelar di Badminton Hall Morodok Techno, Phnom Penh, Kamboja.

Kendati begitu, kemenangan di partai ketiga babak semifinal ini tidak diraih Ester dengan mudah. Bahkan, peringkat ke-60 tunggal putri dunia itu harus rela kehilangan interval pertama gim pertama. Maria mampu membuat Ester kewalahan dan terus melaju untuk menutup interval pertama gim pertama dengan keunggulan, 11-7. Namun, Ester bisa langsung memberikan respon terbaik pada interval kedua.

Baca Juga

Ester sukses mengejar raihan poin Maria dan berbalik unggul, 15-11. Mampu menutup interval pertama dengan kemenangan, Maria tidak mau menyerah begitu saja. Tunggal putri Filipina itu mulai kembali menemukan performa seperti pada interval pertama. Kejar-mengejar poin sempat mewarnai laga ini. 

Dua atlet tunggal putri tersebut sempat mencatatkan skor imbang, 19-19. Ester akhirnya mampu menyudahi perlawanan Maria dengan meraih dua poin secara beruntun dan menutup gim pertama dengan kemenangan, 21-19.

Ester mengawali gim kedua dengan jauh lebih baik dibanding gim pertama. Atlet kelahiran Jayapura, Papua, itu terus mencatatkan keunggulan atas Maria hingga akhirnya menutup interval pertama gim kedua dengan skor, 11-6. Seolah tidak mau lagi kehilangan momentum seperti di gim pertama, Ester terus menekan Maria dan mencatatkan keunggulan hingga delapan poin, tepatnya saat skor 16-8.

Dengan selisih poin yang sudah cukup jauh dan konsistensi permainan, Ester menyudahi gim kedua dengan kemenangan, 21-9, atas Maria. Pebulu tangkis berusia 18 tahun itu tercatat hanya membutuhkan waktu selama 34 menit untuk memetik kemenangan di laga ini sekaligus memastikan langkah Indonesia ke final bulutangkis nomor beregu putri.

Kemenangan Ester ini melenkapi torehan kemenangan yang diraih oleh tunggal pertama Indonesia, Komang Ayu, dan ganda putri pertama Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahya Pratiwi, di dua partai sebelumnya. Di partai final, Indonesia masih menunggu lawan dari hasil pertandingan Thailand kontra Singapura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement