Rabu 10 May 2023 13:48 WIB

Timnas Indonesia U-22 Punya Motivasi Tinggi Lawan Tuan Rumah Kamboja

Indonesia dan tim tuan rumah punya waktu istirahat yang sama sejak laga terakhir.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timmas Indonesia U-22 bersiap menghadapi Kamboja pada laga pamungkas Grup A SEA Games 2023. Laga tersebut akan digelar di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Rabu (10/5/2023) malam WIB. Pelatih timnas U-22 Indra Sjafri mengatakan, Rizky Ridho dkk berada dalam motivasi tinggi untuk meraih hasil sempurna pada laga tersebut.

Skuad Garuda Nusantara mempunyai modal bagus menjelang pertandingan ini. Kemenangan beruntun dari tiga laga sebelumnya (3-0 atas Filipina, 5-0 atas Myanmar, dan 3-0 atas Timor Leste) tentu akan menambah kepercayaan diri para pemain. Indra yang memimpin langsung persiapan dalam official training (OT) menjelang pertandingan melihat motivasi kuat para pemainnya.

Baca Juga

"Saya melihat anak-anak semua dalam motivasi yang tinggi dan itu yang kami harapkan," kata Indra dalam sesi latihan, Selasa (9/5/2023).

Indonesia dan tim tuan rumah mempunyai waktu istirahat yang sama sejak pertandingan terakhir masing-masing. Tapi modal dari laga sebelumnya diharapkan membawa kondisi pemain tim Merah Putih terus meningkat hingga ke puncak saat partai final nanti. Indra berharap langkah demi langkah yang dilalui Marselino Ferdinand dkk bisa membuatnya jadi lebik baik.

"Semakin ke ujung, semakin masuk ke semifinal dan final, kami mengharapkan di situlah peak performance pemain-pemain kita," tegas Indra.

Apapun hasil dari laga kontra Kamboja, tidak akan mempengaruhi langkah timnas Indonesia U-22 melaju ke semifinal. Skuad Garuda Muda unggul tiga poin dari pesaing terdekat, Myanmar yang akan menghadapi Filipina di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, di hari yang sama. Myanmar membutuhkan kemenangan atas Filipina untuk mengunci tiket ke semifinal SEA Games 2023.

Sebab itu, Indra mengatakan, akan merotasi pemain pada laga nanti. Pasalnya, Indonesia sudah memastikan tempat di semifinal dan menjaga kondisi pemain untuk laga tersebut akan menjadi prioritas utama. Tapi Indra enggan mengungkapkan akan seperti apa rotasi yang sudah disiapkan untuk menghadapi Kamboja nanti.

"Ada beberapa rotasi, tetapi tunggu saja line-up nya, dan masih ada perubahan. Cara main juga kami akan coba memodifikasi karena pemain yang kami bawa hanya 20 orang, dan kami harus melakukan rotasi. Tentunya akan ada penyesuaian-penyesuaian formasi dan sebagainya," kata Indra menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement