Rabu 10 May 2023 14:20 WIB

Ester Akui Sempat Tegang Saat Jadi Penentu Kemenangan Indonesia di Semifinal Bulu Tangkis

Ester mengalahkan Maria Bianca Ysabel 21019 dan 21-9.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Ester Nurumi Tri Wardoyo
Foto: DOK PBSI
Ester Nurumi Tri Wardoyo

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Keberhasilan atlet tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, mengalahkan tunggal putri Filipina, Maria Bianca Ysabel, memastikan langkah Indonesia ke partai final bulu tangkis beregu putri SEA Games 2023 Kamboja. Ester sukses menundukkan Maria dua gim langsung, 21-19 dan 21-9.

Namun, langkah Ester dalam laga di Badminton Hall Morodok Techno, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023) pagi WIB, itu tidak sepenuhnya mulus. Pebulu tangkis peringkat 60 dunia itu sempat kesulitan menghadapi perlawanan tunggal putri Filipina.

Baca Juga

Bahkan, Ester menutup interval gim pertama dengan kondisi tertinggal, 7-11. Pebulutangkis kelahiran Jayapura, Papua, itu nyaris kehilangan gim pertama sebelum akhirnya mampu bangkit di interval kedua dan menutup gim pertama dengan keunggulan tipis, 21-19. Ester pun membeberkan faktor penyebab tampil kurang maksimal di awal gim pertama.

''Saya cukup tegang dan jadinya bermain juga ragu-ragu. Pergerakan kaki kurang cepat. Setelah tertinggal, 8-13, saya coba mempercepat permainan, pegang bola depannya, agar bisa banyak dapat serangan,'' ujar Ester dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Rabu (10/5/2023).

Selain mempercepat ritme permainan, Ester juga mengungkapkan membatasi pola permainan Maria pada interval kedua gim pertama. ''Saya juga membatasi pola permainan lawan agar tidak semakin berkembang, karena dia juga bagus kan,'' kata Ester.

Momentum keberhasilan merebut gim pertama terbukti mampu dilanjutkan Ester pada gim kedua. Tampil jauh lebih baik, Ester pun menutup gim kedua dengan selisih poin hingga mencapai 12 poin, 21-9. Turun sebagai tunggal kedua di partai ketiga, Ester pun menggenapi kemenangan Indonesia dua partai sebelumnya babak semifinal bulu tangkis nomor beregu putri SEA Games 2023.

Sebelumnya, Indonesia membuka keunggulan via kemenangan Komang Ayu atas Mikaela De Guzman, 21-13 dan 21-5. Sedangkan di partai kedua, ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahya Pratiwi, mengandaskan perlawanan ganda putri Filipina, Aurah Mae Nicole Albo/Thea Marie Pomar.

Dengan keunggulan, 3-0, Indonesia pun memastikan satu tempat di partai final nomor beregu putri SEA Games 2023. Di partai puncak, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand, yang sukses menyingkirkan Singapura, 3-1. Partai final bulu tangkis nomor beregu putri SEA Games 2023 ini merupakan partai ulangan nomor serupa di SEA Games 2021 Vietnam. Saat itu, tim beregu putri bulu tangkis Indonesia gagal menyumbang medali emas lantaran dipaksa mengakui keunggulan Thailand 0-3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement