Rabu 10 May 2023 21:12 WIB

Sempurnakan Langkah di Grup A, Timnas Indonesia U-22 Atasi Tuan Rumah Kamboja 2-1

Indonesia menyapu bersih semua laga di Grup A dengan kemenangan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Tim nasional Indonesia U-22 sukses mengamankan tiga angka usai membekap tuan rumah Kamboja dengan skor akhir 2-1 pada lanjutan fase Grup A SEA Games 2023, yang berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Rabu (10/5/2023) malam WIB.

Kedua gol Garuda Muda dicetak oleh Titan Agung pada menit ke-9 dan Beckham Putra Nugraha pada menit ke-51. Adapun, gol hiburan Kamboja tercipta lewat tandukan Soeuth Nava.

Baca Juga

Hasil ini memastikan timnas Indonesia lolos ke babak semifinal sebagai juara Grup A dengan perolehan angka 12 dari empat pertandingan yang dimainkan.

Nantinya timnas U-22 akan berjumpa dengan runner up Grup B diantara timnas Thailand atau pun Vietnam.

Pasukan Garuda Nusantara berhasil mencetak gol pada menit ke-9. Umpan Haykal Alhafiz dari sisi kiri disundul Jeam Kelly. Bola sundulan Jeam Kelly diblok kiper Reth Lyheng.

Memanfaatkan kemelut di depan gawang Kamboja, Titan Agung yang berada di dalam area kotak penalti lantas menyepak bola rebound. Si kulit bulat tak bisa diblok oleh pemain-pemain Kamboja. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pada menit ke-14 Kelly mencoba peruntungan ia melepas tendangan keras dari luar kotak penalti yang masih dapat diantisipasi kiper lawan, berujung pada tendangan sudut.

Memasuki menit ke-35 tidak ada perlawan berarti dari Angkor Warriors. Aliran bola mereka sangat mudah dipatahkan oleh para pemain bertahan Indonesia.

Striker milik Bhayangkara FC, Titan Agung kembali menembar ancaman pada menit ke-38. Lagi-lagi, Merah Putih belum dapat menambah pundi gol lantaran tembakan keras Titan masih bisa di blok kiper Kamboja.

Kamboja menyamakan kedudukan pada menit akhir babak pertama lewat tandukan Soeuth Nava. Sekaligus menutup laga awal menjadi imbang 1-1.

Tidak jauh berbeda pada interval kedua Indonesia masih nyaman memainkan identitas sepak bola.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu datang pada menit ke-53. Gelandang asal Persib Beckham membawa Indonesia kembali unggul lewat aksi solo sebelum menuntaskan sebuah kans dengan baik.

Sebelum melepas tendangan, Beckham lebih dulu mengecoh Sin Sovannmakara. Bola yang ditendang Beckham juga terlihat mengenai tangan Soeuth Nava sebelum bersarang di gawang Reth Lyheng. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Merah Putih.

Kamboja mendapat penalti pada menit ke-79. Namun eksekusi Lim Pisoth bisa digagalkan oleh Adi Satryo. Kiper Satryo pun harus ditarik keluar karena mengalami cedera usai berbenturan dengan pemain Kamboja posisinya digantikan Ernando.

Laga mulai berjalan super ketat saat memasuki menit ke-80. Kamboja memanfaatkan sisa waktu untuk bisa mencuri satu gol penyeimbang demi bisa menjaga asa lolos. Sayang, tidak ada gol tercipta hingga peluit panjang berbunyi skor 2-1 dimenangkan oleh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement