Rabu 10 May 2023 23:37 WIB

Sirkuit Benteng Vastenburg Solo Jadi Pembuka Persaingan di Trial Game Dirt 2023

Trial Game Dirt 2023 akan digelar sebanyak enam seri.

Aksi para crosser di Trial Game Dirt edisi tahun lalu.
Foto: Dok. Meg
Aksi para crosser di Trial Game Dirt edisi tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – 76Rider terus menunjukan konsistensi dalam mengembangkan extreme sport khususnya motocross di Tanah Air. Tahun ini jajaran crosser kelas wahid kembali ditantang menyajikan performa apik dengan catatan waktu terbaik dalam rangkaian Trial Game Dirt 2023. Dalam waktu dekat, seri perdana Trial Game Dirt 2023 bakal digelar di Sirkuit Lapangan Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah pada 12-13 Mei mendatang.

 

Baca Juga

Rangkaian Trial Game Dirt 2023 direncanakan berlangsung sebanyak enam seri. Selain Solo sebagai seri pembuka, rangkaian akan dilanjutkan ke Lumajang (2-3 Juni), Purwokerto (7-8 Juli), Magelang (11-12 Agustus), Mojokerto (22-23 September), dan seri pamungkas di Nganjuk (13-14 Oktober). Para crosser akan mengumpulkan poin dari seri pertama hingga keenam untuk mendapatkan gelar Juara Umum Trial Game Dirt 2023.

“Setelah dua tahun vakum karena situasi pandemi, tahun ini Trial Game Dirt kembali hadir secara full series. Lintasan yang tidak bisa diprediksi dan obstacle yang beragam sudah pasti akan memacu adrenalin para crosser untuk menaklukan lintasan. Para crosser juga dikejar waktu untuk mencetak catatan terbaiknya agar mampu menyabet poin tertinggi dan berhasil menempati gelar juara,” ujar Agnes Wuisan dari 76Rider selaku penyelenggara, pada Rabu (10/5/2023).

Bukan sembarangan Solo dipilih sebagai tuan rumah seri perdana tahun ini. Selain tingginya antusiasme para pecinta motocross di wilayah Solo Raya, juga sudah tujuh tahun lamanya sejak terakhir kali Trial Game Dirt digelar tahun 2016 di Sirkuit Lapangan Pulosari, Colomadu. Kini dengan lapangan dan kualitas lintasan yang mumpuni di Sirkuit Lapangan Benteng Vastenburg, bisa dipastikan keseruan akan tersaji dari para pembalap garuk tanah terbaik.

“Kita sudah lama tidak menyelenggarakan race di Kota Solo, terakhir kali sudah tujuh tahun lalu tepatnya Oktober 2016 di Pulosari, Colomadu. Selain itu antusiasme dari para pebalap dan penonton yang tinggi di Solo mendorong kita untuk kembali menggelar Trial Game Dirt di sini. Tentunya seri pembuka di kota pertama nanti akan berlangsung sengit,” ungkap Mariachi Gunawan, Direktur Genta Auto & Sport selaku promotor.

Mariachi juga memastikan sejumlah crosser papan atas seperti Ivan Harry, Asep Lukman, Agha Riansyah, M. Zulmi serta pembalap lainnya, bakal meramaikan persaingan di Trial Game Dirt 2023. Total ada empat kelas yang akan dipertandingkan yaitu Kelas Campuran Open, Kelas FFA Open, Kelas Campuran Non Seeded, serta kelas FFA Master.

Ia menjelaskan, ada sejumlah pembeda dalam gelaran Trial Game Dirt tahun ini. Jika pada gelaran tahun-tahun sebelumnya Juara Umum Trial Game Dirt ditentukan berdasarkan penggabungan hasil poin tertinggi dari kelas Campuran Open dan FFA Open, maka tahun ini akan dipisah Juara Umum Seri 2023, akan ada Juara Umum Campuran Open dan Juara Umum FFA Open. 

“Namun tetap dengan hasil poin tertinggi atau pengumpulan total poin sebanyak enam seri di tahun 2023, sehingga ada kemungkinan juara umum diraih dua orang pembalap atau bisa juga satu orang pebalap saja yang merajai di kelas Campuran Open dan FFA Open,” kata Mariachi.

Jelang dimulainya race Solo, para crosser sudah mulai menunjukkan kesiapannya. M. Zulmi crosser dari 76Rider MX Squad, mengaku tak sabar untuk segera gaspol di seri perdana Trial Game Dirt 2023. Berbagai persiapan telah dilakukan pembalap bernomor start 17 ini, mulai dari berlatih teknik cornering hingga berlatih keseimbangan agar mampu memacu tunggangan dengan maksimal.

“Saya sangat senang dan semangat menyambut Trial Game Dirt 2023 yang bisa digelar sebanyak enam seri. Selain berlatih teknik cornering untuk mempersingkat catatan waktu, saya juga mempersiapkan mental. Saya mempersiapkan diri untuk tetap tenang dan percaya diri, tidak perlu terlalu memikirkan lawan nantinya agar tidak hilang fokus dan menjadi tidak maksimal,” kata rider berjuluk “The Crazy Boy” ini.

 

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement