Sabtu 13 May 2023 06:41 WIB

Media Vietnam Kena 'Prank' Akun Fanpage Indonesia Soal Piala Asia 2023

Vietnam juga jadi momok karena belakangan kerap merepotkan timnas Indonesia.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir hadir langsung dalam drawing Piala Asia 2023 bersama dengan pelatih timnas Shin Tae Yong.
Foto: Dok. PSSI
Ketua Umum PSSI Erick Thohir hadir langsung dalam drawing Piala Asia 2023 bersama dengan pelatih timnas Shin Tae Yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepastian tim nasional (timnas) Indonesia bergabung dalam Grup D di kejuaraan sepak bola Piala Asia 2023 membuat heboh warganet. Pasalnya, Skuad Garuda bakal berhadapan dengan lawan berat.

Drawing Piala Asia 2023 telah rampung digelar di Katara Opera House, Doha, Qatar, Kamis (11/5/2023). Pada kesempatan itu, Indonesia bakal bersaing dengan negara-negara unggulan.

Baca Juga

Selain berjumpa 'Sang Raja Asia' timnas Jepang. Pasukan besutan Shin Tae-yong dihadapkan dengan dua kekuatan besar lainnya, yakni timnas Irak serta timnas Vietnam.

Irak pernah menjuarai ajang Piala Asia 2007 saat berlangsung di Indonesia. Vietnam juga jadi momok karena belakangan kerap merepotkan anak-anak Merah Putih.

Tak pelak pertarungan Indonesia pada Grup D jadi sorotan pecinta kulit bundar Tanah Air. Berbagai pembahasan menarik menyeruak ke altar sosial media.

Salah satu akun fanpage sepak bola asal Indonesia @idextratime mengapungkan foto pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu, yang tengah membungkuk.

"Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, memberikan gestur permintaan maaf kepada para pendukung timnas Jepang setelah dihajar telak oleh Indonesia dengan skor 7-0. Respect," tulis akun @idextratime.

Potret itu sejatinya bagian dari bentuk semiotika Hajime Moriyasu pada Piala Dunia 2022, setelah Samurai Biru tersingkir. Moriyasu disebut melakukan permintaan maaf sekaligus bentuk penghormatan dan rasa terima kasih atas dukungan suporter.

"Ini contoh template berita saja," sambung akun tersebut.

Tak lama berselang salah satu akun fanpage bola Vietnam meluncurkan sindiran. Mereka menyebut, Indonesia bermimpi untuk bisa mengalahkan Jepang.

"Sepertinya, orang Indonesia sangat butuh optimisme," tulis akun Facebook Cam Bong Da asal Vietnam.

Sementara beberapa akun lain langsung menyambut dengan perkataan nyeleneh.

"Bola boleh kalah, tapi suara netizen salah musuh Anda," tulis akun @BahabolDanny.

"Vietnam doyan banget sama sasimi. Suka menelan mentah-mentah," saut akun @speakbola_id.

Menjawab kekonyolan komentar netizen. Akun Extra Time Indonesia menegaskan unggahan itu termasuk dari rasa optimisme untuk melihat skuad Garuda berjaya di gelaran Piala Asia edisi ke-18.

"Kami memang optimis."

Piala Asia 2023 bakal berlangsung di Doha, Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement