Sabtu 13 May 2023 14:09 WIB

Preview Semifinal Sepak Bola SEA Games 2023: Indra Sjafri Yakin Indonesia Kalahkan Vietnam

Kickoff semifinal Indonesia vs Vietnam, Sabtu (13/5/2023) sore pukul 16:00 WIB.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Pendukung Timnas Indonesia membentangkan bendera saat pertandingan babak penyisihan grup A antara Indonesia melawan Timor Leste pada SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pekan lalu. Indonesia akan melawan Vietnam pada laga babak semifinal Sabtu (13/5/2023) sore.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Pendukung Timnas Indonesia membentangkan bendera saat pertandingan babak penyisihan grup A antara Indonesia melawan Timor Leste pada SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pekan lalu. Indonesia akan melawan Vietnam pada laga babak semifinal Sabtu (13/5/2023) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak merebut medali emas SEA Games 1991, Indonesia tidak pernah lagi bisa berdiri di podium tertinggi cabang olahraga sepak bola putra pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara tersebut. Kini, di SEA Games 2023 Kamboja, Garuda Nusantara merajut asa untuk mengakhiri penantian selama 32 tahun tersebut.

Timnas Indonesia U-22 pun begitu mulus melangkah ke babak semifinal nomor sepak bola putra SEA Games 2023. Garuda Nusantara tampil perkasa dengan mencatatkan Kemenangan beruntun di empat laga penyisihan Grup A. Namun, ujian sesungguhnya menanti tim besutan Indra Sjafri tersebut di babak semifinal.

Baca Juga

Indonesia akan berhadapan dengan salah satu rival di kawasan Asia Tenggara, Vietnam. Sementara Indonesia U-22 mengakhiri penyisihan Grup A sebagai juara grup A, Vietnam U-22 sebagai runner-up Grup B.

Di Stadion Nasional Olimpik, Phnom Penh, Sabtu (13/5/2023) sore WIB, kedua tim akan saling sikut demi satu tempat di partai final. The Golden Stars, julukan Vietnam, bisa dibilang menjadi mimpi buruk Indonesia di pentas SEA Games. 

Dari 14 pertemuan di arena SEA Games, Vietnam mampu mencatatkan tujuh kemenangan, dua hasil imbang, dan lima kekalahan dari Indonesia. Kemenangan, 2-0, di babak semifinal SEA Games 2011 menjadi kenangan terakhir keberhasilan Indonesia menundukan Vietnam.

Bahkan, sejak kebijakan pembatasan usia dengan hanya menurunkan level usia U-22/U-23 di nomor sepak bola putra mulai diterapkan pada SEA Games 2001, Indonesia tidak pernah menang saat menghadapi Vietnam. Dalam lima kesempatan terakhir mengadapi Vietnam, Indonesia tidak pernah sekalipun merasakan kemenangan dengan empat kali kalah dan satu hasil imbang.

Hasil di bentrokan terakhir rasanya menjadi hasil paling menyakitkan yang diterima Indonesia dari Vietnam. Di partai final SEA Games 2019 Vietnam, Garuda Nusantara, yang saat itu ditangani Shin Tae-yong, dicukur The Golden Stars, 0-3. Medali emas pun menjadi milik tim tuan rumah.

Vietnam menjelma menjadi salah satu kekuatan papan atas di kawasan Asia Tenggara dengan torehan medali emas di dua edisi terakhir SEA Games. Tantangan ini coba dijawab Indra Sjafri dengan optimisme tinggi. Pelatih asal Sumatra Barat itu mengungkapkan, kondisi pemain berada dalam kondisi terbaik guna menatap laga ini.

''Kami sudah siap menghadapi Vietnam. Kondisi para pemain tidak ada masalah dan semua siap bermain. Kami akan persiapkan diri dengan baik. Insya Allah hasil terbaik untuk Indonesia di akhir pertandingan,'' kata Indra seperti dikutip laman resmi PSSI, Sabtu (13/5/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement