Sabtu 13 May 2023 14:09 WIB

Preview Semifinal Sepak Bola SEA Games 2023: Indra Sjafri Yakin Indonesia Kalahkan Vietnam

Kickoff semifinal Indonesia vs Vietnam, Sabtu (13/5/2023) sore pukul 16:00 WIB.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Pendukung Timnas Indonesia membentangkan bendera saat pertandingan babak penyisihan grup A antara Indonesia melawan Timor Leste pada SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pekan lalu. Indonesia akan melawan Vietnam pada laga babak semifinal Sabtu (13/5/2023) sore.
Foto:

Indra memang sempat melakukan rotasi pemain di laga terakhir penyisihan Grup A, termasuk mengistirahatkan Marselino Ferdinand dan Fajar Fathur Rahman. Indonesia pun masih bisa menutup laga dengan kemenangan, 2-1, atas Kamboja. Dengan begitu, Indonesia akan kembali menurunkan kekuatan terbaik di laga kontra Vietnam.

Kemenangan atas Kamboja itu sekaligus menajamkan rekor Garuda Nusantara di SEA Games 2023. Indonesia menjadi tim paling produktif torehan 13 gol. Tidak hanya itu, Garuda Nusantara dan kawan-kawan juga menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit, hanya satu kali kebobolan di empat laga penyisihan grup. Sebagai perbandingan, Thailand dan Vietnam sama-sama telah kebobolan tiga gol di fase grup.

Catatan performa ini, yang bisa berdampak pada kepercayaan diri pemain, rasanya dapat menjadi modal berharga buat para penggawa Indonesia dalam menghadapi Vietnam. Kondisi ini juga disadari oleh pelatih Vietnam, Philippe Troussier. Pelatih asal Prancis itu menilai, Indonesia memiliki gaya permainan yang khas dan menjadi salah satu tim terkuat di Asia Tenggara.

''Kami akan menghadapi lawan yang sangat kuat, dengan gaya permainan yang cukup baik. Semua pemain harus bekerja ekstra keras apabila mereka ingin meraih kemenangan di laga ini,'' ujar Troussier seperti dilansir Bongdaplus, Sabtu (13/5/2023).

Tidak hanya soal kemampuan para pemain dan tren positif penampilan Indonesia, eks pelatih timnas Jepang itu juga mewaspadai bumbu rivalitas antara kedua tim yang akan tersaji di laga ini. Kendati baru ditunjuk menukangi Timnas Vietnam, menggantikan Park Hang-seo, pada Februari silam, Troussier sudah mencium aroma rivalitas yang kuat antara Indonesia dan Vietnam.

''Sebelumnya, saya mungkin tidak mengikut sepak bola di kawasan ini. Namun, saya sudah merasakan rivalitas antara negara-negara ini. Rivalitas antara kedua negara ini seperti layaknya Jepang dan Korea, atau di Eropa seperti Prancis dan Jerman,'' kata pelatih berusia 68 tahun tersebut.

Prediksi Susunan Pemain Indonesia U-22 Vs Vietnam U-22:

Indonesia (4-2-3-1)

Pelatih: Indra Sjafri

Kiper: Ernando Ari; 

Belakang: Ilham Rio Fahmi, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan;

Tengah: Ananda Raehan, Alfeandra Dewangga; Fajar Fathur Rahman, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman;

Depan: Ramadhan Sananta.

 

Vietnam (4-4-2)

Pelatih: Phillipe Troussier

Kiper: Van Chuan Quan;

Belakang: Quang Thinh Tran, Tien Long Vu, Tuan Tai Phan, Quoc Nhat Nam Le;

Tengah: Thao Son Nguyen, Duc Phu Nguyen, Minh Trong Vo, Thanh Nhang Nguyen;

Depan: Van Tung Nguyen, Van Do Le.

 

photo
Daftar negara yang pernah meraih emas nomor beregu di SEA Games. Indonesia masih terbanyak dengan 32 medali emas. - (Dok Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement