Senin 15 May 2023 12:56 WIB

Hanya Sekali Angkatan Clean and Jerk, Lifter Putri Ini Langsung Sabet Emas SEA Games 2023

Turun di kelas 64 kg Tsabitha bahkan hanya mengangkat sekali saja untuk berjaya.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Lifter Indonesia Alfiah R Tsabitha
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Lifter Indonesia Alfiah R Tsabitha

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Lifter Putri Indonesia Tsabitha Alfiah tampil dominan di SEA Games 2023 Kamboja. Turun di kelas 64 kg Tsabitha bahkan hanya mengangkat satu kali di angkatan clean and jerk di Kamboja, Senin (15/5/2023). 

"Tadi sudah unggul jauh saat angkatan snatch. Kemudian saat angkatan clean and jerk pertama semakin jauh unggul. Jadi, saya hanya sekali melakukan angkatan clean and jerk," ujar Tsabitha.

Baca Juga

"Sayang-sayang kalau mengangkat lagi, jaga-jaga karena kondisi pinggang saya masih belum normal. Setelah cedera saat latihan tahun lalu," katanya. 

Ketidakhadiran lifter Vietnam yang menjadi pesaing utama kelas ini membuat Tsabitha tampil lebih percaya diri. "Lebih percaya diri karena pesaing utama tidak datang."

Namun, torehan emas Tsabitha kali ini tidak berjalan mulus. Dia gagal dalam angkatan pertama snatch. "Tadi gerakan tangan terlalu tinggi jadi gagal."

"Angkatan saya di sini bukan yang terbaik. Selanjutnya saya akan ikut Kejuaraan Dunia. Asian Games 2023 saya juga berharap bisa tampil yang terbaik."

Dalam kesempatan ini, Tsabitha total angkatan 204 kg, dengan perincian snatch 97 kg dan 107 kg clean and jerk. Medali perak diraih Lifter Malaysia dan Vietnam dapat perunggu.

Dengan tambahan satu emas dari Tsabitha, Indonesia total sudah meraih empat emas, melebihi capaian SEA Games Vietnam lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement