Senin 15 May 2023 17:33 WIB
...

Doa dan Harapan Ayah Eks Bintang Persib di Final SEA Games 2023, Indonesia Vs Thailand

Bambang ingin melihat Indonesia mengakhiri puasa medali emas 32 tahun lamanya.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Suporter timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Kamboja.
Foto: Dok Republika
Suporter timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Kecintaan pada sepak bola telah mendarah daging dalam diri Bambang Sutjipto. Demi menuntaskan rindu untuk melihat sepak bola Indonesia bergema di tanah Asia Tenggara dirinya bersedia pun rela menyeberangi samudra.

Bambang Sutjipto datang bersama dengan beberapa penggemar fanatik sepak bola Indonesia. Tujuannya sama, menyaksikan tim nasional (timnas) Indonesia U-22 mengakhiri puasa medali emas 32 tahun lamanya.

Baca Juga

"Ya, kami datang sekitar 20 orang untuk memberikan dukungan kepada timnas dan cabor lain. Ada dari Madura, Bali, Kalimantan, dan Ruteng (NTT)," kata Bambang Sutjipto dengan nada penuh semangat kepada Republika.co.id, Senin (15/5/2023).

Terakhir kali timnas Indonesia meraih medali emas di cabang olahraga sepak bola putra SEA Games pada 1991. Ketika itu, skuad Garuda mengalahkan Thailand, lawan yang akan dihadapi juga di final SEA Games 2023 nanti.

Menukil dari beberapa catatan, Indonesia mendapatkan medali emas dua kali. Sebelum 1991, Merah Putih meraih keping emas pada 1987 saat mengalahkan Malaysia di partai final.

Bambang menyatakan, dukungan yang dia berikan agar pasukan Garuda Muda dapat tampil impresif dan meraih medali emas yang terakhir kali didapatkan pada gelaran SEA Games 32 tahun lalu.

"Saya berharap besar Indonesia keluar sebagai pemenang. Jika dilihat, Merah Putih layak menjadi juara SEA Games kali ini. Lihat saja penampilan, mentalitas, dan determinasi saat berhadapan dengan Vietnam. Kami mendukung dan berdoa penuh dari samping lapangan," sambung Bambang.

Lebih lanjut, ayah mantan bintang Persib Bandung, Airlangga Sutjipto, itu mengakui Indonesia memiliki kualitas pemain muda mumpuni untuk mengantarkan Merah Putih merengkuh medali emas.

Dirinya berharap agar Indonesia mampu memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Pun menuntaskan penantian panjang 270 juta manusia di Bumi Pertiwi.

"Ke mana saja timnas bertanding akan saya dukung karena saya cinta sepak bola. Darah saya, darah sepak bola. Anak saya juga pesepak bola. Tidak ada alasan bagi saya untuk tidak mendukung timnas Indonesia."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement