Selasa 16 May 2023 15:02 WIB

Minang Mendunia; Rumah Makan Padang Pertama di Kamboja Ini Diserbu Pengunjung

Selama SEA Games 2023 tamu RM Padang Nusantara naik berkali-kali lipat.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Tampilan Rumah Makan Padang Nusantara di Phom Penh, Kamboja.
Foto: Republika/Fitriyanto
Tampilan Rumah Makan Padang Nusantara di Phom Penh, Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Walau berada di Phnom Penh, Kamboja, Krisnandi, salah satu pelayan di Rumah Makan Padang Nusantara, tak dapat menyaksikan langsung aneka pertandingan SEA Games 2023 Kamboja. Pria berusia 30 tahun asal Indramayu, Jawa Barat, yang baru tiga bulan menetap di Kamboja ini tak punya waktu luang untuk memberikan dukungan langsung kepada atlet-atlet Indonesia yang bertanding di ajang multi-event Asia Tenggara ini.

Maklum staf di rumah makan khas Padang milik orang Minang yang baru berdiri bulan Desember tahun lalu ini jumlahnya terbatas. Selain itu, rumah makan Padang pertama di Kamboja ini selama SEA Games 2023 buka dari pukul 09.00 pagi hingga 23.00 malam.

Baca Juga

"Walaupun saya tidak bisa nonton langsung di lapangan, saya doakan timnas Indonesia U-22 bisa juara sepak bola SEA Games 2023 Kamboja," ujar Krisnandi.

Krisnandi mengaku selama SEA Games berlangsung tamu di rumah makan Padang Nusantara hingga tiga kali lipat dari hari biasanya, orang Indonesia menjadi yang paling sering datang untuk mengisi perut di sini.

"Meningkat cukup tinggi tamu yang datang selama SEA Games ini. Sepertiga hingga tiga kali lipat. Kita juga memperpanjang jam operasional biasanya jam 10.00 pagi baru buka dan tutup jam 22.00," kata dia.

Kontingen dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam menurut Krisnandi yang sering makan disini, termasuk Republika.co.id yang mencoba menu andalan tunjang atau kikil sapi dan tentu saja telur dadar.

Untuk harga menu aneka ayam baik ayam bakar, ayam goreng dijual dengan harga 3,5 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 52 ribu. Aneka ikan harganya 4 dolar AS atau setara Rp 60 ribu, sedangkan aneka masakan telur dibanderol 1,5 dolar AS atau setara Rp 22 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement