Selasa 16 May 2023 22:23 WIB

Bungkam Thailand 5-2, Timnas U-22 Indonesia Akhirnya Sabet Medali Emas SEA Games 2023

Ini emas pertama Indonesia di sepak bola putra SEA Games setelah 32 tahun yang lalu.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola timnas Indonesia U-22 Marselino Ferdinan (kiri) berebut bola dengan pesepak bola timnas Thailand Chayapipat Supunpasuch (kanan) saat pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023).
Foto:

Babak perpanjangan waktu dibuka dengan gol yang dicetak Garuda Nusantara. Sebuah kesalahan yang dilakukan salah satu pemain bertahan Thailand mampu dimanfaatkan Irfan Jauhari. Penyerang berusia 22 tahun itu berhasil mengambil kendali bola dan tinggal berhadapan dengan penjaga gawang.

Irfan kemudian melepaskan sepakan chip, yang melewati penjaga gawang dan mengarah ke gawang yang kosong. Menit pertama babak perpanjangan waktu, Garuda Nusantara mampu kembali mencatatkan keunggulan atas The War Elephant.

Indonesia mendapatkan keuntungan jumlah pemain dengan kartu merah yang diterima oleh salah satu pemain bertahan Thailand, Jonathan Khemdee. Dengan begitu, Thailand terpaksa tampil dengan sembilan pemain. Sebelumnya, wasit memberikan kartu merah kepada kiper Soponwit Rakyart lantaran kedapatan memukul salah satu pemain Indonesia.

Keunggulan pemain ini bisa dimanfaatkan dengan apik oleh Garuda Nusantara. Fajar Fathur menebalkan keunggulan Indonesia pada menit ke-107. Sepakan keras Fajar dari tepi kotak penalti bersarang mulus di sebelah kanan atas gawang dan membawa Indonesia unggul dua gol atas Thailand. Menjelang laga berakhir, pemain pengganti Beckham Putra menambah gol bagi Indonesia. Skor akhir 5-2 untuk Indonesia.

Susunan Pemain:

Indonesia (5-4-1)

Ernando Ari (PG); Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Alfeandra Dewangga, Haykal Hafiz; Fajar Fathur Rachman, Marselino Ferdinan, Muhammad Taufany, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta

Pelatih: Indra Sjafri

Thailand (4-4-2)

Soponwit Rakyart (PG); Bukkoree Lemdee, Chatmongkol Rueangthanarot, Jonathan Khemdee, Songchai Thongcham; Airfan Doloh, Channarong Promsrikaew, Settasit Suvannaseat, Chayapipat Supunpasuch; Teerasak Poeiphimai, Achitpol Keereerom.

Pelatih: Issara Sritaro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement