Rabu 17 May 2023 11:26 WIB

Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Prestasi Tanpa Naturalisasi

Indonesia menjadi tim paling produktif sepanjang penyisihan grup dengan 13 gol.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 menyanyikan lagu Indonesia Raya usai meraih medali emas SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Indonesia berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Thailand 5-2
Foto:

Torehan prestasi ini pun kian mengkilap apabila menilik komposisi skuad Garuda Nusantara di bawah arahan Indra Sjafri. Garuda Nusantara berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 tanpa diperkuat satu pun pemain naturalisasi. 

Dari 20 pemain yang dipilih Indra Sjafri membela Garuda Nusantara, semua pemain merupakan asli kelahiran Indonesia. Mulai dari penjaga gawang utama, Ernando Ari, hingga ujung tombak, Ramadhan Sananta. Pun dengan kehadiran putra Papua, Jeam Kelly Stoyer, yang lahir di Biak.

Sebelumnya, sejumlah nama pemain muda, yang berkiprah di luar negeri, sempat disebut-sebut tengah menjalani proses naturalisasi. Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick, yang masih memiliki darah Indonesia, pernah digadang-gadang bakal menjadi tambahan buat skuad Garuda Nusantara via jalur naturalisasi. 

Proses naturalisasi tiga pemain itu termasuk dalam usaha Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam mempersiapkan skuad Garuda Nusantara di Piala Dunia U-20, yang akhirnya batal digelar di Indonesia, dan SEA Games 2023. Namun, hingga menit akhir, tiga pemain tersebut urung memperkuat Garuda Nusantara, termasuk di gelaran SEA Games 2023.

Ini bukan kali pertama Indra Sjafri mampu mengantarkan Indonesia meraih prestasi, kendati tanpa diperkuat pemain naturalisasi. Saat mengantarkan Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 pada 2013 silam, Indra juga tidak memanggil pemain naturalisasi. Pun absennya pemain naturalisasi kala Sjafri mempersembahkan gelar Piala AFF U-20 pada 2019 silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement