Rabu 17 May 2023 18:26 WIB

Aksi tak Terpuji Bek Thailand Jonathan Khemde, Lempar Medali Perak ke Tribun

Khemde juga beberapa kali terlibat perselisihan dengan pemain U-22 sepanjang laga.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Bek timnas Thailand U-22 Jonathan Khemde (kiri) di final SEA Games 2023 kontra timnas Indonesia U-22, Selasa (16/5/2023).
Foto: AP Photo/Tatan Syuflana
Bek timnas Thailand U-22 Jonathan Khemde (kiri) di final SEA Games 2023 kontra timnas Indonesia U-22, Selasa (16/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada pemandangan tidak sportif yang ditunjukkan bek Thailand Jonathan Khemde saat prosesi pemberian medali perak SEA Games Kamboja 2023, Selasa (16/5/2023). Dalam layar televisi, Khemde tampak langsung menyerobot mengambil sendiri medali dan souvenir yang masih ada di nampan.

Khemde juga langsung melewati sosok pria yang diduga dari pihak Thailand yang bertugas mengalungkan medali perak kepada para pemain. Khemde langsung mengambil souvenir yang masih ada di nampan petugas. Dan, di media sosial beredar video Khamde melemparkan medali perak dan souvenir tersebut ke tribun penonton.

Baca Juga

Khemde salah satu pemain Thailand yang mendapatkan kartu merah dalam laga tersebut karena memperoleh dua kartu kuning. Khemde beberapa kali terlibat perselisihan dengan pemain Indonesia sepanjang laga. Ia tak bisa menyembunyikan amarahnya ketika harus mengakui Indonesia menang 5-2 atas Thailand.

Kemenangan Indonesia tersebut sekaligus mengakhiri penantian meraih medali emas SEA Games dalam 32 tahun terakhir. Pertandingan berlangsung panas dan ketat tak hanya di dalam lapangan namun juga di bangku cadangan.

Sejumlah pemain cadangan dan ofisial Thailand dan Indonesia terlibat baku hantam. Hal tersebut membuat wasit juga memberikan kartu merah kepada ofisial Thailand. Total ada 16 kartu kuning dan enam kartu merah yang dikeluarkan wasit dalam laga tersebut.

Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh dua gol Ramadhan Sananta, Fajar Fathur Rahman, Irfan Jauhari, dan Beckham Putra. Adapun dua gol Thailand dilesakkan Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement