Ahad 21 May 2023 13:18 WIB

Bek Thailand U-22 Nomor Punggung 4 yang Bengal saat Vs Timnas akan Lawan Persija di JIS

Klubnya, Ratchaburi akan menghadapi Persija Jakarta bulan depan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bek timnas Thailand yang kini menjadi sorotan, Jonathan Khemdee (kiri) berduel dengan para pemain timnas Indonesia U-22 pada final SEA Games 2023.
Foto: AP Photo/Tatan Syuflana
Bek timnas Thailand yang kini menjadi sorotan, Jonathan Khemdee (kiri) berduel dengan para pemain timnas Indonesia U-22 pada final SEA Games 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, RATCHABURI -- Klub Liga 1 Thailand Ratchaburi FC dijadwalkan akan datang ke Indonesia melawan Persija Jakarta dalam laga pramusim 25 Juni 2023. Ratchaburi adalah klub tempat bek timnas Thailand yang kini menjadi sorotan, Jonathan Khemdee.

Sorotan kepada Khemdee bukan karena permainannya di lapangan. Tetapi lebih kepada sikap tak sportifnya usai penyerahan medali perak SEA Games 2023 Kamboja. Pemain bernomor punggung 4 itu membuang medali perak dan souvenirnya ke tribun. Ia pun mendapatkan hujatan dari nitezen dan warga Thailand.

Baca Juga

Thailand kalah 2-5 dari Indonesia di partai final SEA Games 2023. Di lapangan, Khamdee salah satu pemain yang menonjol karena posturnya yang tinggi.  Pemain keturunan Denmark itu mendapatkan kartu merah. Ia beberapa kali terlibat perselisihan dengan kapten timnas Rizky Ridho. 

Lalu bagaimana profil Ratchaburi, klub Jonathan Khemdee? Dikutip dari transfermarkt, Ratchamburi adalah klub Liga 1 Thailand yang berpusat di Provinsi Ratchamburi, didirikan pada 2004. Ratchamburi promosi ke Liga 1 Thailand pada musim 2011/2012 setelah berhasil menjadi juara Liga 2 Thailand. 

Pada 2016, Ratchamburi mengangkat gelar Thailand Cup. Sekarang klub ini memiliki 30 skuad, sembilan di antaranya pemain asing dan dengan enam pemain berlabel timnas. Rata-rata pemain mereka berusia 26 tahun.

Musim ini, Ratchamburi duduk di posisi kedelapan dengan nilai 41 poin dari 30 pertandingan. Mereka mencatatkan 10 kemenangan, 11 kali seri dan sembilan kekalahan.

Musim lalu, Ratchamburi finis di urutan ke-12 dengan catatan 12 kekalahan dan sembilan kali menang dan seri. Posisi tertinggi Ratchamburi di klasemen yakni keempat pada 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement