Kamis 25 May 2023 18:51 WIB

Erick Thohir Targetkan Timnas Raih Hasil Terbaik di Kualifikasi Grup K Piala Asia U-23

Indonesia sebagai tuan rumah akan menjamu Turkmenistan dan Chinese Taipei.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, optimistis timnas Indonesia mencapai hasil terbaik di Kualifikasi Grup Piala Asia U-23 yang akan bergulir September 2023 mendatang. Dalam undian grup kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (25/5/2023), Indonesia sebagai tuan rumah Grup K akan menjamu Turkmenistan dan Chinese Taipei.

"Hasil undian grup kita berisi tiga negara bersama Turkmenistan dan Chinese Taipei. Karena peta persaingan sepak bola di Asia saat ini berimbang, terutama di kelompok umur, maka siapapun lawan persiapan kita harus semaksimal. Saya optimistis atmosfer sepak bola Indonesia yang sedang baik usai meraih emas SEA Games akan memberikan energi positif untuk meraih hasil terbaik sehingga bisa lolos ke putaran final," kata Erick Thohir, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga

Selain timnas Indonesia U-23, sepuluh tim lainnya yang ditunjuk Federasi Sepak Bola Asia (AFC) sebagai tuan rumah penyelenggara Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 adalah Bahrain, Cina, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam. Babak kualifikasi akan berlangsung pada 4-12 September 2023 yang diikuti 45 kesebelasan dan dibagi ke dalam sebelas grup.

Sebelas juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia U23 AFC 2024 yang akan digelar 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar. Tuan rumah lolos otomatis menggenapi jumlah peserta menjadi 16 tim di putaran final nanti. Piala Asia U-23 juga menjadi babak kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

"Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya, kita tidak lolos, maka cukup realistis kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang," lanjut Erick.

Dalam edisi terakhir Piala Asia U-23 pada 2022, timnas Indonesia U-23 gagal lolos ke putaran final. Skuad Garuda Muda kalah dengan skor, 2-3, dan 0-1, dari timnas Australia U-23 dalam dua kali pertemuan. Pengunduran diri timnas Cina U-23 dan timnas Brunei Darussalam U-23 di Grup G pada babak kualifikasi itu juga memengaruhi nasib timnas U-23, sehingga dari grup itu hanya meloloskan Australia ke putaran final.

Hasil Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024:

Grup A:

Yordania, Suriah, Oman, Brunei Darussalam

Grup B:

Korea Selatan, Myanmar, Kirgistan, Qatar

Grup C:

Vietnam, Singapura, Yaman, Guam

Grup D:

Jepang, Bahrain, Palestina, Pakistan

Grup E:

Uzbekistan, Iran, Hong Kong, Afghanistan

Grup F:

Irak, Kuwait, Timor Leste, Makau

Grup G:

Uni Emirat Arab, India, Maladewa, Cina

Grup H:

Thailand, Malaysia, Bangladesh, Filipina

Grup I:

Australia, Tajikistan, Laos, Korea Utara

Grup J:

Arab Saudi, Kamboja, Lebanon, Mongolia

Grup K:

Turkmenistan, Indonesia, Chinesea Taipei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement