Kamis 25 May 2023 21:07 WIB

Menpora: Laga Vs Argentina Jadi Semangat Baru Timnas Indonesia

Ini juga salah satu cara untuk mengangkat animo sepak bola di Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengatakan, pertandingan uji coba timnas Indonesia melawan Argentina di FIFA match day pada Juni 2023 bisa menjadi semangat tersendiri bagi Skuad Garuda. Ini juga salah satu cara untuk mengangkat animo sepak bola karena Argentina adalah tim kelas dunia.

"Dengan akan segera hadirnya friendly match dengan timnas Indonesia, semoga bisa menjadi hiburan bagi masyarakat, dan yang pasti bisa menjadi pengalaman yang baik untuk timnas kita melawan tim kelas dunia," kata Menpora Dito saat ditemui di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) di Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga

Senada, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari mengatakan, pertandingan persahabatan melawan Argentina merupakan kesempatan yang baik untuk timnas Indonesia agar bisa melakukan uji coba dan menakar kemampuan.

"Ini kesempatan yang baik. Selain itu saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PSSI dan Pak Erick Thohir untuk mendorong dan mengobati luka masyarakat Indonesia yang sangat cinta dengan sepak bola," kata pria yang akrab disapa Okto itu. "Saat menang melawan Thailand (di SEA Games 2023), sebelum pawai, euforianya sangat luar biasa. Mudah-mudahan dengan ini sepak bola bisa menjaga prestasinya terus sehingga mendorong semua prestasi cabang olahraga lainnya."

Saat disinggung mengenai harga tiket pertandingan yang diprediksi akan cukup tinggi, Okto menilai hal tersebut wajar mengingat pembinaan prestasi juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

"Olahraga bukan aktivitas yang murah, jangan lihat hasil akhir tapi prosesnya. Pembinaan prestasi butuh dana yang tidak sedikit. (Federasi) Cabang olahraga (memiliki) kreativitas untuk bisa mencari sumber pendanaan seperti dari pemerintah, sponsor, dan kegiatan-kegiatan seperti ini," kata Okto.

Timnas Indonesia bakal menjamu timnas Argentina pada 19 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Kepastian tersebut diperoleh setelah sejumlah tim yang dibentuk oleh Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) selesai melakukan peninjauan stadion.

Ajang FIFA match day melawan Argentina menjadi pertandingan pertama tim Garuda senior melawan tim Tango. Sebelumnya timnas Indonesia sempat bertemu dengan Argentina di level junior yaitu pada 1979 saat timnas Indonesia U-20 melawan Argentina U-20 yang dipimpin legenda Argentina, Diego Maradona, di Piala Dunia U-20.

Selanjutnya pada 2007, timnas Indonesia U-23 asuhan pelatih Ivan Kolev berkesempatan menjajal timnas Argentina U-20 dalam agenda persiapan skuad Garuda muda yang bakal melakoni ajang SEA Games.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement