Jumat 26 May 2023 14:37 WIB

Nova Arianto: Laga Uji Coba Vs Argentina Jadi Sarana Asah Mental Timnas Indonesia

Laga vs Argentina tak hanya pengalaman berharga bagi pemain tapi juga bagi pelatih.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Indra Sjafri (kanan) bersama asisten pelatih Yunan Helmi (tengah) dan Nova Arianto (kiri). Nova Arianto menjadi satu-satunya asisten pelatih lokal yang tersisa di tim kepelatihan Shin Tae-yong.
Foto: Antara/R. Rekotomo
Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Indra Sjafri (kanan) bersama asisten pelatih Yunan Helmi (tengah) dan Nova Arianto (kiri). Nova Arianto menjadi satu-satunya asisten pelatih lokal yang tersisa di tim kepelatihan Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nova Arianto menjadi satu-satunya asisten pelatih lokal yang tersisa di tim kepelatihan Shin Tae-yong. Sebentar lagi, pria kelahiran Semarang itu akan mendampingi Shin dalam laga uji coba melawan juara Piala Dunia 2022, Argentina. Pengalaman yang sangat berharga tak hanya bagi pemain, tapi juga pelatih.

"Sekarang saya menjadi asisten pelatih tim nasional. Karier saya dimulai saat menjadi asisten pelatih U-20 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 pada 2021 lalu. Namun, setelah batal, saya terus bersama Coach Shin di tim senior," kata Nova, dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga

Pertandingan uji coba melawan tim asuhan Lionel Scaloni itu dijadwalkan berlangsung pada 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Nova mengatakan, pertandingan uji coba yang masuk dalam kalender FIFA itu sangat berharga bagi para pemain maupun pelatih.

Nova mengakui secara skill dan materi pemain Argentina memang jauh di atas Indonesia. Namun, laga melawan tim peringkat satu dunia ini menurutnya bisa menjadi ajang mengasah mental dan kepercayaan diri para pemain. Pasalnya, mental yang kuat telah terbukti membawa Marselino Ferdinand dkk sukses meraih emas di SEA Games 2023 Kamboja kemarin.

Belum hilang euforia keberhasilan timnas U-22 di ajang SEA Games, kepengurusan PSSI di bawah Erick Thohir kembali memberikan kejutan. PSSI telah mengumumkan timnas akan menghadapi dua laga FIFA matchday pada 14 Juni 2023 melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan yang kedua melawan Argentina di Jakarta.

"Saya salut dengan kepengurusan PSSI di bawah Pak Erick Thohir. Mereka memikirkan FIFA matchday dengan baik dan teliti. Setelah melawan Argentina, tahun depan kabarnya akan melawan tim-tim kuat dunia lainnya. Ini bagus bagi pengalaman pemain Indonesia," kata Nova.

Shin Tae-yong akan segera memulai pemusatan latihan (TC) pada Senin (5/6/2023) untuk mempersiapkan tim menghadapi dua laga FIFA matchday tersebut. Shin Tae-yong dikabarkan sudah memanggil sejumlah pemain, baik yang bermain di luar negeri maupun dalam negeri untuk mengikuti TC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement