Sabtu 27 May 2023 16:04 WIB

Dua Pemain Naturalisasi Indonesia tak Sabar Bela Indonesia Lawan Argentina

Ivar Jenner dan Rafael Struick sudah resmi menjadi WNI.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Rafael William Struick (kanan) dan Ivar Jenner resmi menjadi WNI, Senin (22/5/2023).
Foto: Dok. Pssi
Rafael William Struick (kanan) dan Ivar Jenner resmi menjadi WNI, Senin (22/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua pemain yang baru saja merampungkan proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI), Ivar Jenner dan Rafael Struick akan menjadi tambahan kekuatan bagi pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong saat FIFA Matchday melawan Argentina di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, bulan depan. Keduanya antusias menyambut agenda FIFA Matchday ini. Sebelum melawan Argentina, Indonesia terlebih dulu menjajal Palestina.

Saking antusiasnya, keduanya memilih tinggal di Jakarta ketimbang kembali ke Belanda. Selanjutnya, kedua pemain tersebut akan bersama-sama dengan pemain lainnya terbang ke Surabaya untuk menjalani pemusatan latihan pada Senin (5/6/2023).

Baca Juga

"Saya sudah tidak sabar untuk memperkuat timnas Indonesia. Saya tahu animo suporter sangat luar biasa di sini. Stadion Utama Gelora Bung Karno juga megah dan rumputnya bagus. Ini akan menjadi pertandingan yang menyenangkan melawan Argentina," kata Ivar dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (27/5/2023).

Senada dengan itu, Rafael juga sangat antusias dengan kesempatan untuk bermain melawan Lionel Messi dkk. Menurutnya, ini menjadi pengalaman berharga bagi pemain mana pun. Dia bertekad untuk menunjukkan yang terbaik bersama tim Merah Putih.

"Pertandingan yang sangat ditunggu-tunggu. Apalagi ini melawan Argentina, juara Piala Dunia di Qatar sekaligus peringkat satu dunia," kata Rafael.

Ivar dan Rafael keduanya sudah diperkenalkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam acara konferensi pers pengumuman resmi FIFA Matchday antara Indonesia dan Argentina di ruang media Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu lalu. Sejak Shin Tae-yong menangani Indonesia pada Desember 2019 sudah ada lima pemain keturunan yang dinaturalisasi. Selain Ivar dan Rafael, ada juga Sandy Wals. Sandy resmi menjadi WNI setelah menjalani sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta pada 17 November 2022. 

Pria...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement