Selasa 30 May 2023 16:26 WIB

Pimpin Rapat DBON, Wapres Singgung Prestasi Olahraga Indonesia di SEA Games 2023

Wapres mengapresiasi timnas U-22 di SEA Games.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Israr Itah
Wakil Presiden KH Maruf Amin memimpin rapat di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (30/5/2023).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Wakil Presiden KH Maruf Amin memimpin rapat di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin memimpin Rapat Tingkat Menteri tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (30/5/2023). Saat membuka rapat, Kiai Ma'ruf menyingung prestasi olahraga Indonesia yang terus menunjukkan peningkatan. Terbaru, prestasi itu ditunjukan dalam SEA Games 2023 di Kamboja belum lama ini dengan perolehan 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu.

"Kita patut berbangga bahwa dalam satu tahun terakhir ini telah banyak prestasi olahraga yang menunjukkan peningkatan. Salah satunya adalah hasil dari perolehan medali pada ajang SEA Games tahun 2023 di Kamboja," ujar Kiai Ma'ruf.

Baca Juga

Kiai Ma'ruf yang juga Ketua Tim Koordinasi Pusat DBON menambahkan, prestasi ini ditambah dengan Timnas Indonesia U-22 yang berhasil menjadi juara sekaligus mengakhiri penantian panjang medali emas di ajang SEA Games selama 32 tahun.

Karenanya, rapat ini dimaksudkan sebagai tindak lanjut kelanjutan dari kesiapan maupun komitmen masing-masing kementerian dan lembaga dalam mendukung pelaksanaan DBON. Hal ini diharapkan akan terus mendorong peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

"Pada rapat hari ini saya ingin mendengar perkembangan pelaksanaan DBON, berbagai isu dan kendala yang tidak kita harapkan dan tidak lanjut yang perlu kita lakukan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kiai Ma'ruf juga menyapa secara khusus Menteri BUMN sekaligus Ketua PSSI Erick Thohir yang tengah berulang tahun. Usai mengapresiasi prestasi Timnas U-22 yang berhasil juara SEA Games 2022, Kiai Ma'ruf langsung menyapa Erick Thohir.

"Dan sekaligus Ketua PSSI, Menteri BUMN saya dengar ulang tahun hari ini ya. Selamat ulang tahun pak, mudah-mudahan panjang umur diberkati oleh Allah SWT," kata Ma'ruf.

Dalam rapat hadir para menteri mulai dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri BUMN sekaligus Ketua PSSI Erick Thohir, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UMKM) Teten Masduki, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid, dan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement