Selasa 30 May 2023 22:37 WIB

Roberto Carlos: Saya Memulai Karier Melalui Jalan Sulit

Carlos memberikan motivasi kepada para pemain timnas Indonesia U-16.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendapatkan ucapan selamat milad dari legenda sepak bola Brasil, Roberto Carlos, Selasa (30/5/2023)..
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendapatkan ucapan selamat milad dari legenda sepak bola Brasil, Roberto Carlos, Selasa (30/5/2023)..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda Real Madrid dan tim nasional Brasil Roberto Carlos memberikan motivasi kepada pemain timnas Indonesia U-16. Ia datang ke Jakarta bersama empat pemain sepak bola legendaris dunia Erick Abidal (Barcelona - Prancis), Sebastian Veron (Inter Milan - Argentina), Marco Materazzi (Inter Milan - Italia) dan Giorgos Karagounis (Yunani).

Dalam acara BRImo Future Garuda di stadion BRI BRILian, Jakarta, Selasa (30/5/2023), pemain yang ikonik dengan tendangan "pisang" itu mengungkapkan bahwa dirinya memulai karier melalui jalan yang sulit dari sebuah desa terpencil dari kota Garca di Sao Paolo, Brasil.

Baca Juga

"Saya datang dari desa kecil dan saya memulai karier melalui jalan yang sulit. Saya selangkah demi selangkah menemukan karier terbaik sepak bola saya," kata Roberto Carlos dalam acara tersebut.

Sama dengan Roberto Carlos, Sebastian Veron yang sama-sama dari wilayah Amerika Latin meniti karier dari sebuah desa di Argentina hingga sanggup bermain pada kasta tertinggi sepak bola Eropa karena mempunyai mimpi menjadi pesepak bola profesional.

"Mirip seperti Roberto Carlos, saya juga punya impian menjadi pesepak bola terbaik yang profesional di dunia," kata Sebastian Veron yang juga pernah merumput di klub Manchester United.

Dalam acara tersebut Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengungkapkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi mimpi tetap bisa diraih, bahkan bagi para pemain timnas Indonesia sekali pun.

"Veron dan Carlos juga datang dari desa kecil. Tapi mereka bisa main di Manchester United dan Real Madrid. Sama kayak Yunani juga bisa menang lawan Portugal di Euro 2004," kata Erick.

Ditanya soal pertandingan paling berkesan sepanjang kariernya, pemain yang bercirikan nomor punggung tiga itu mengatakan bahwa momen terbaiknya ketika membawa timnas Brasil juara Piala Dunia 2002.

"Momen terbaik saya adalah ketika Brasil menang Piala Dunia 2002," ungkap Roberto Carlos.

Sementara itu Sebastian Veron mengungkapkan setiap pertandingan yang dijalaninya sepanjang karier sebagai pesepak bola merupakan momen paling berkesan.

"Bagi dia (Roberto Carlos) sebuah pertandingan sangat penting ada yang mudah ada yang sulit, tapi bagi saya berkesan semuanya," kata Veron.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement