Kamis 01 Jun 2023 13:13 WIB

Turun Kasta ke Divisi Championship, Leicester City Resmi Ditinggal Tielemans

Tielemans sepertinya bukan satu-satunya pemain yang bakal meninggalkan Leicester.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Leicester City, Youri Tielemans.
Foto: AP/Rui Vieira
Gelandang Leicester City, Youri Tielemans.

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Gelandang asal Belgia, Youri Tielemans, dipastikan tidak akan memperkuat Leicester City kala tampil di Divisi Championship pada musim depan. Tielemans akan meninggakan the Foxes begitu kontraknya berakhir pada 31 Juni 2023 mendatang.

Gelandang berusia 26 tahun itu telah mengunggah video perpisahan buat para pendukung the Foxes. Dalam unggahan video di akun media sosialnya tersebut, Tielemans mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan fans the Foxes dalam 4,5 tahun terakhir.

Baca Juga

Begitu pula ungkapan terima kasih Tielemans kepada pemilik Leicester City, Aiyawatt Srivaddhanaprabha, jajaran pelatih, staf klub, hingga rekan-rekan setimnya di the Foxes. Tielemans diketahui telah memperkuat the Foxes sebagai Januari 2019 silam.

''Kemenangan, kesukesan, harapan, hingga kekalahan. Kita telah melalui banyak momen bersama-sama. Saya selamanya akan berterima kasih atas dukungan kalian. Ini bukan selamat tinggal, tapi perpisahan yang tulus dengan kebanggaan, cinta, dan rasa terima kasih,'' ujar Tielemans seperti dilansir Daily Mail, Kamis (1/6/2023).

Tielemans datang ke Stadion King Power, markas Leicester City, sebagai pemain pinjaman dari AS Monaco pada Januari 2019. Torehan tiga gol dari 13 laga pada paruh kedua musim 2018/2019 sudah cukup buat the Foxes untuk mengubah status kepindahan Tielemans pada musim berikutnya.

The Foxes akhirnya menebus Tielemans dengan nilai transfer mencapai 40 juta poundsterling pada awal musim 2019/2020. Selama mengenakan seragam the Foxes, Tielemans telah tampil di 195 laga dan menorehkan 28 gol serta 26 assist di semua ajang. Eks gelandang Anderlecht itu sempat menjadi aktor utama kesuksesan the Foxes.

Tielemans menjadi pencetak gol kemenangan the Foxes kala membungkam Chelsea, 1-0, di partai final Piala FA musim 2020/2021. Raihan Piala FA itu pun menjadi persembahan terbaik Tielemans selama memperkuat the Foxes. Selain itu, pada musim yang sama, Tielemans mengantarkan the Foxes finish di peringkat kelima.

Namun, Tielemans tidak bisa berbuat banyak untuk mengangkat performa Leicester pada musim ini. Leicester harus rela finish di peringkat ke-18 dan turun kasta ke Divisi Championship musim lalu. The Foxes terdegradasi ke Divisi Championship hanya tujuh tahun berselang usai menjuarai Liga Primer Inggris.

Manajemen the Foxes sebenarnya sempat menawarkan perpanjangan kontrak kepada Tielemans pada 2021 silam. Namun, saat itu, pengoleksi 58 caps buat timnas Belgia itu memilih untuk menunda negosiasi perpanjangan kontrak dan melakoni sisa kontraknya bersama the Foxes.

Kepastian kepergian Tielemans dari the Foxes ini kemudian diikuti dengan berbagai rumor soal klub yang akan dibela Tielemans pada musim depan. Arsenal dilaporkan siap menampung Tielemans. Terlebih, pada pertengahan musim ini, the Gunners dilaporkan sempat begitu bernafsu untuk memboyong Tielemans.

Tielemans sepertinya bukan satu-satunya pemain yang bakal meninggalkan Leicester menyusul kegagalan bertahan di Liga Primer Inggris. James Maddison dilaporkan bakal hengkang dari the Foxes pada bursa transfer awal musim depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement