Kamis 01 Jun 2023 16:11 WIB

Real Madrid Pertahankan Status Sebagai Klub dengan Valuasi Tertinggi di Dunia

Selain Madrid, Man United juga ditaksir memiliki valuasi sebesar 6 miliar dolar AS.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Logo Real Madrid. Madrid kembali terpilih sebagai klub sepak bola dengan valuasi tertinggi atau paling berharga di dunia pada 2023.
Foto: 7-themes.com
Logo Real Madrid. Madrid kembali terpilih sebagai klub sepak bola dengan valuasi tertinggi atau paling berharga di dunia pada 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW JERSEY -- Real Madrid kembali terpilih sebagai klub sepak bola dengan valuasi tertinggi atau paling berharga di dunia pada 2023. Los Blancos berada di urutan teratas dalam daftar 30 klub sepak bola paling berharga keluaran majalah bisnis terkemuka asal Amerika Serikat (AS), Forbes.

Dalam laporannya, Forbes menyebut, Los Blancos memiliki valuasi yang ditaksir mencapai 6,07 milar dolar AS atau setara Rp 90 triliun. Besaran taksiran ini naik 19 persen dibanding tahun lalu. Pada tahun lalu, Real Madrid juga terpilih sebagai klub sepak bola paling berharga versi majalah Forbes.

Baca Juga

''Klub asal Spanyol itu telah tampil di lima partai final Liga Champions dalam sembilan musim terakhir dan berhasil menjuarainya. Real Madrid juga telah mengamankan investasi sebesar 400 juta dolar AS atau Rp 5,9 triliun dari lembaga investasi, Sixth Street and Legend, sebagai bagian meningkatkan pendapatan dari Stadion Santiago Bernabeu. Saat ini, stadion tersebut tengah direnovasi dan diperkirakan selesai pada tahun depan,'' tulis laporan Forbes seperti dilansir Marca, Kamis (1/6/2023).

Dalam daftar teranyar keluaran Forbes tersebut, setidaknya ada dua klub sepak bola yang memiliki valuasi hingga mencapai enam miliar dolar AS atau Rp 89 triliun. Selain Real Madrid, Manchester United juga ditaksir memiliki valuasi sebesar enam miliar dolar AS.

Posisi Man United yang berada di urutan kedua dalam daftar ini sepertinya akan sedikit bepengaruh para kabar soal penjualan MU oleh Keluarga Glazer. Sebelumnya, pemilik saham mayoritas Iblis Merah itu mengirimkan sinyal soal melepas sahamnya dan kehadiran investor baru di Man United.

Secara keseluruhan, rata-rata valuasi klub sepak bola dalam daftar tersebut mencapai 2,17 miliar dolar AS atau Rp 32 triliun. Pada tahun lalu, rata-rata valuasi dari 20 tim paling berharga di dunia sekitar 2,53 miliar dolar AS atau Rp 37 triliun. Sementara pada tahun ini, rataan tersebut meningkat hingga 14 persen atau menyentuh angka 2,89 miliar dolar AS atau Rp 43 triliun.

Kendati begitu, Forbes menegaskan, taksiran valuasi tersebut tidak hanya semata-mata berdasarkan pendapatan klub, yang meningkat sebanyak empat persen atau rata-rata 496 juta dolar AS atau Rp 7 triliun per tim. Namun, penilaian itu juga didasarkan pada nilai kelipatan perusahaan secara keseluruhan.

Dalam daftar tersebut, Paris Saint-Germain (PSG) menjadi klub yang paling cepat memperbaiki posisi. Dengan kata lain, PSG menunjukkan pertumbuhan yang begitu pesat dalam satu tahun terakhir. Pada tahun ini, PSG menempati posisi di peringkat ketujuh.  

PSG kemungkinan besar akan kembali mendapatkan pemasukan besar setelah penjualan saham minoritas. PSG akan memiliki valuasi hingga lebih dari empat miliar dolar AS atau Rp 59 triliun atau 5,7 kali dari pendapatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement