Kamis 01 Jun 2023 20:42 WIB

Piala Dunia U-20 2023, Brasil Bertemu Israel Yang Sebabkan Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah

Argentina gagal melenggang ke perempat final setelah disingkirkan Nigeria.

Timnas Brasil melenggang ke perempat final Piala Dunia U-20 usai melibas Tunisia dengan skor 4-1 di La Plata, Argentina, pada 31 Mei 2023.
Foto: EPA-EFE/Demian Alday Estevez
Timnas Brasil melenggang ke perempat final Piala Dunia U-20 usai melibas Tunisia dengan skor 4-1 di La Plata, Argentina, pada 31 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Brasil berhasil melaju ke perempat final Piala Dunia U-20 2023 setelah melumat Tunisia, 4-1, dalam laga 16 besar di Estadio Ciudad de La Plata, Buenos Airos, Argentina, pada Kamis (1/6/2023) dini hari WIB. Brasil akan ditantang Israel yang menyingkirkan Uzbekistan, 1-0, di babak 16 besar.

Keberadaan Israel U-20 sebelumnya menjadi penyebab gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Sejumlah tokoh dan ormas Islam di Indonesia menolak kedatangan timnas Israel U-20 karena menjajah negeri Palestina.

Akibatnya, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus timnas U-20 gagal tampil di turnamen tersebut. FIFA pun bergerak cepat menunjuk Argentina sebagai penggantinya. 

Argentina yang sebelumnya tidak lolos menjadi berhak tampil di Piala Dunia U-20 sebagai wakil tuan rumah. Namun, Argentina gagal melenggang ke perempat final setelah disingkirkan Nigeria dengan skor 2-0.

Sementara Brasil berhasil melenggang mulus dengan mengatasi perlawanan Tunisia lewat kemenangan 4-1. Andrey Santos mengemas dua gol untuk Brasil dalam pertandingan itu, gol lainnya masing-masing dicetak oleh Marcos Leonardo dan Matheus Martins. Mahmoud Ghorbel mencetak gol hiburan untuk Tunisia di masa injury time.

Kemenangan tersebut membuat Brasil akan berhadapan tim debutan Piala Dunia U-20, Israel, di babak perempat final setelah mereka menyingkirkan Uzbekistan pada babak 16 besar. Demikian catatan laman resmi FIFA.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement