Jumat 02 Jun 2023 04:12 WIB

Gary Neville Khawatir Man City Samai Rekor Treble MU

MU akan menghadapi Man City di final Piala FA, Sabtu (3/6/2023).

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Para pemain Manchester City (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Jon Super
Para pemain Manchester City (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gary Neville mengakui khawatir menjelang final Piala FA akhir pekan ini yang mempertemukan mantan timnya Manchester United dengan rival sekota Manchester City. Sebab, City akan berpeluang mencatatkan treble jika mengalahkan MU dalam laga di Stadion Wembley, Sabtu (3/6/2023) mulai pukul 21.00 WIB.

MU adalah satu-satunya tim yang memenangkan tiga trofi utama dalam satu musim di sepak bola Inggris. Setan Merah juara Liga Primer Inggris, Liga Champions, dan Piala FA pada 1999.

Baca Juga

Kini Manchester City berada dalam persaingan untuk mengulangi prestasi tersebut, setelah mengamankan gelar juara liga. City berpeluang meraih trofi keduanya musim ini saat menghadapi MU, sekaligus membuka peluang meraih treble saat tim yang dilatih Pep Guardiola ini bertemu Inter Milan di final Liga Champions di Istanbul pada 10 Juni.

"Saya khawatir hal itu akan terjadi," ujar Neville kepada The Associated Press. "City belum sampai di sana, tapi mereka terlihat sedang menuju ke sana, di jalur yang tepat. Mereka memiliki manajer yang hebat, mereka memiliki pemain-pemain hebat, tetapi mereka masih harus melewati batas. Apa pun bisa terjadi dan kami hanya berdoa dan berharap. Hal ini tidak perlu dipikirkan."

City telah menyalip MU sebagai tim dominan di sepak bola Inggris selama satu dekade terakhir dan baru saja memenangkan gelar liga kelimanya dalam enam tahun terakhir. Namun klub ini masih belum bisa menyamai pencapaian terbesar MU yang berjaya di Eropa.

MU juga memiliki kesempatan untuk meraih trofi keduanya bersama pelatih Erik ten Hag setelah sebelumnya menjuarai Piala Liga Inggris. Namun Neville masih menganggap City sebagai favorit di final.

"Saya pikir mereka hampir akan kecewa sekarang jika mereka tidak memenangkannya (treble)," kata Neville. "Mereka diharapkan untuk memenangkan setiap pertandingan. Final piala mungkin akan menghadirkan satu atau dua masalah, itu adalah Manchester United, tetapi City jauh lebih baik daripada tim-tim yang masih harus mereka hadapi."

City tampil luar biasa untuk meraih gelar juara dan telah mengalahkan beberapa tim terbaik di dalam dan luar negeri dalam upaya mereka meraih treble. Liverpool dan Arsenal dikalahkan 4-1 dan Real Madrid dibungkam 4-0 di Stadion Etihad pada semifinal Liga Champions.

Mantan pemain wanita City, Jill Scott, percaya bahwa City akan terlalu kuat untuk United. "Saya menonton pertandingan Arsenal dan itu bisa saja berakhir 7-0. Sepak bola yang mereka mainkan sangat luar biasa. Saya tidak bisa melihat City tidak akan meraih kemenangan di Piala FA. Terkadang dalam satu pertandingan apapun bisa terjadi, tetapi saya pikir mereka akan jauh lebih unggul," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement