Jumat 02 Jun 2023 14:56 WIB

Inilah Starting XI Terbaik Liga Primer Musim 2022/2023

Lini tengah tim Liga Primer Inggris 2022/2023 tampak sangat kuat.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kiper Newcastle United Nick Pope tidak mampu menghentikan Ollie Watkins dari Aston Villa (kanan kedua) mencetak gol ketiga dalam pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Newcastle dan Aston Villa, di Villa Park, Birmingham, Inggris, Sabtu (15/4/2023).
Foto: Jacob King/PA via AP
Kiper Newcastle United Nick Pope tidak mampu menghentikan Ollie Watkins dari Aston Villa (kanan kedua) mencetak gol ketiga dalam pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Newcastle dan Aston Villa, di Villa Park, Birmingham, Inggris, Sabtu (15/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liga Primer Inggris musim 2022/2023 telah berakhir, dan para pemenang dan pecundang telah dikonfirmasi. Manchester City telah memenangkan gelar kelima dalam enam tahun terakhir dan mungkin akan mengakhiri musim ini dengan sebuah treble yang bersejarah. 

Arsenal hampir saja meraihnya, sedangkan Manchester United dan Newcastle kembali ke Liga Champions. Brighton lolos ke Liga Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka, sedangkan Unai Emery membawa Aston Villa dari kandidat degradasi ke Liga Eropa.

Baca Juga

Di ujung lain klasemen, Southampton, Leeds United dan Leicester terjerembab ke Championship, sementara Everton hanya bertahan dengan selisih tipis.

Berikut adalah para pemain yang memiliki musim yang patut dikenang dan mereka yang ingin segera melupakannya.

 

Penjaga gawang Nick Pope (Newcastle United)

Pemain bertahan: Kieran Trippier (Newcastle United), Ruben Dias (Manchester City), Sven Botman (Newcastle United), Luke Shaw (Manchester United)

Gelandang: Bukayo Saka (Arsenal), Rodri (Manchester City), Alexis Mac Allister (Brighton & Hove Albion), Gabriel Martinelli (Arsenal)

Penyerang: Harry Kane (Tottenham), Erling Haaland (Manchester City)

 

Perjalanan Newcastle menuju Liga Champions telah dibangun di atas pertahanan yang solid. Eddie Howe, pertama dan terutama, membuat mereka sulit dikalahkan, dan itu dimulai dari lini belakang. Newcastle mengakhiri musim dengan rekor pertahanan terbaik bersama di liga, sebagian berkat Pope, Trippier dan Botman. 

Pope telah mencatatkan 14 clean sheet di Premier League pada musim pertamanya di St James' Park, sementara Trippier juga menyumbangkan tujuh assist dari posisi bek kanan. Trippier, dengan pengalamannya di level tertinggi, telah menjadi pemain yang transformatif bagi tim asuhan Howe sejak tiba dari Atletico Madrid.

Luke Shaw tampil konsisten sebagai bek kiri untuk Manchester United dan terlihat sama nyamannya sebagai bek tengah ketika Erik ten Hag memintanya untuk mengisi posisi tersebut.

Peran Ruben Dias dalam penampilan fantastis Manchester City di akhir musim tidak dapat diremehkan. Dia telah mengambil tanggung jawab tambahan di pusat pertahanan City saat John Stones bergeser ke lini tengah, dan dia adalah pemimpin bagi Pep Guardiola di lini belakang.

Sementara itu, rekan setim Dias di City, Rodri, telah menjadi gelandang bertahan terbaik di liga musim ini. Dia hampir tidak pernah absen dalam pertandingan dan akan menjadi kandidat untuk penghargaan pemain terbaik klub jika bukan karena Haaland dan angka-angka fenomenal itu.

Di tempat lain di lini tengah, Alexis Mac Allister dan Moises Caicedo tampil luar biasa untuk Brighton saat mereka lolos ke Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Kemampuan teknis Mac Allister dalam mengolah bola telah menjadi kunci dari cara bermain yang diinginkan oleh sang pelatih, Roberto De Zerbi, dan meraih 10 gol liga dari lini tengah merupakan sebuah hasil yang mengesankan. Penampilannya untuk Brighton dan Argentina di Piala Dunia secara alami telah memicu ketertarikan dari Liverpool, Manchester United dan Manchester City.

Sebagian besar kesuksesan Arsenal musim ini didasarkan pada penampilan para pemain sayap mereka, Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli, meskipun Martin Odegaard juga patut disebutkan. Saka mencatatkan 11 asis, sedangkan Martinelli mencetak 15 gol - hasil serangan yang membantu Arsenal mempertahankan peluang meraih gelar juara, bahkan saat Mikel Arteta tidak dapat bermain bersama Gabriel Jesus setelah Piala Dunia.

Haaland harus masuk dalam tim terbaik tahun ini setelah memecahkan rekor satu musim Liga Primer dengan 36 gol yang luar biasa, namun Kane juga layak mendapatkan tempatnya setelah mencetak 30 gol dalam tim Tottenham yang sedang berjuang. Kane telah menjadi sorotan dalam musim yang buruk di Spurs dan akan mendapatkan sepatu emas jika bukan karena musim yang bersejarah dari Haaland.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement