Ahad 04 Jun 2023 15:55 WIB

Erick Thohir Sebut Liga 1 Gunakan VAR Mulai Februari Tahun Depan

Stadion Manahan Solo menjadi salah satu stadion yang siap menggunakan VAR.

Rep: C02/ Red: Agus raharjo
Ketum PSSI Erick Thohir cek kesiapan stadion Manahan untuk laga penyisihan AFC U23, Ahad (4/6/2023).
Foto: Republika/Alfian
Ketum PSSI Erick Thohir cek kesiapan stadion Manahan untuk laga penyisihan AFC U23, Ahad (4/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Ketua PSSI Erick Thohir mengaku kompetisi Liga 1 2023/2024 akan memakai teknologi Video Assistant Referee (VAR). Namun, teknologi tersebut baru akan diberlakukan pada Februari tahun depan.

"VAR akan diterapkan di Liga 1, Insya Allah bulan Februari. Jadi enam bulan ini kita akan ada persiapan," tutur Erick Thohir saat meninjau Stadion Manahan Solo, Ahad (4/6/2023).

Baca Juga

Erick menjelaskan bahwa pemasangan VAR tersebut adalah salah satu hal yang masuk dalam blueprint PSSI. Hal tersebut juga untuk standardisasi 22 stadion yang ada di Indonesia.

Ketum PSSI ini menegaskan, stadion-stadion di Indonesia harus berkualitas internasional. "Ini sejalan dengan blueprint yang disampaikan oleh PSSI kepada FIFA dan waktu itu juga dukungan penuh bapak Presiden Jokowi ya dengan Menteri PUPR yang akan merenovasi 22 stadion untuk kepentingan tim nasional Liga 1 dan Liga lainnya. Makanya kita memberanikan diri juga menggunakan VAR di tahun depan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengungkapkan Stadion Manahan Solo, adalah salah satu yang sudah siap menggunakan VAR. Kendati penerapannya baru akan dilangsungkan di tahun depan.

"Alhamdulillah, salah satunya tentu Manahan yang saya rasa fasilitas sudah ada. Ini mestinya yang siap," katanya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo, Rini Kusumandari mengatakan untuk fasilitas VAR sudah siap. Ia mengungkapkan hal tersebut tinggal menunggu kamera yang akan digunakan untuk VAR.

"Sudah siap, tinggal kameranya saja. Tidak tahu nanti kameranya, saya hanya menyiapkan ruangan dan peralatan saja," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement